ADVERTISEMENT

Mau Ganti Oli Mobil Buat Dipakai Turing? Ini Tipsnya

Mukhlis Dinillah - detikOto
Minggu, 25 Mar 2018 15:39 WIB
Sebelum turing, oli juga perlu diperhatikan. Berikut tips mengganti oli untuk turing ala komunitas Nissan March Owner (Nismo). Foto: Mukhlis Dinillah
Bandung - Komunitas mobil identik dengan sekelompok orang yang gemar berpergian jauh (turing). Sebelum turing, tentu kondisi mobil harus diperhatikan dengan baik terutama urusan oli.

Kondisi mesin mobil yang oke tentu ditunjang dengan perawatan berkala khususnya penggantian oli berkala. Ada tips untuk Otolovers yang suka turing bersama rekan-rekan komunitasnya.

"Penggantian oli untuk turing dan pemakaian harian tentu berbeda," kata salah seorang anggota komunitas mobil, Cepi Begundal di Bandung kepada detikOto.


Berdasarkan pengalaman pribadinya, penggantian oli itu baiknya dilakukan sebelum dan sesudah turing. Ia tidak berpatokan pada manual book atau jarak tempuh kendaraan selama turing.

"Kalau untuk turing saya biasanya ganti oli berangkat dan pulang lagi ke Bandung ganti oli lagi. Kalau yang harian paling kita sesuai manual book yang ada waktu tempuh dan kilometer," ungkap Wakil Ketua Nissan March Owner (Nismo).

Member Nimos biasanya sering berbagi pengalaman dan tips untuk perawatan mobil. Menurutnya kegiatan gathering juga cukup penting untuk komunitas menambah wawasan soal mobil.


"Untuk oli biasanya anak2 pakai Shell Helix AHX sekian sesuai kebutuhan soalnya buat touring dan sehari-hari kan beda spek olinya," tutur dia.

Hari ini, sejumlah member Nimos mengkuti gathering bersama Top 1. Member Nimos diberi pemahaman mengenai penggunaan oli yang cocok untuk jenis kendaraan Nissan March.

"Kalau dari top 1 menjelaskan spek yang bagus oli untuk 3 silinder karena nissan itu silindernya 3 untuk di 1.200 cc. Kalau 1.500 cc itu silindernya 4 jadi dijelaskan nissan march bagusnya pakai spek tertentu," kata Cepi (dry/ddn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT