Rabu, 03 Jan 2018 13:11 WIB

Pulang Mudik Liburan Akhir Tahun, Jangan Lupa Rawat Mobil

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Rangga Rahardiansyah Foto: Rangga Rahardiansyah
Jakarta - Liburan akhir tahun dimanfaatkan sebagian orang untuk jalan-jalan atau pulang kampung. Tak jarang juga yang jalan-jalan menggunakan kendaraan pribadi. Agar mobil tetap fit, tak ada salahnya rawat dan periksa mobil selepas liburan.

Product Manager Coolkars Serpong, Susanto, memberikan beberapa tips perawatan setelah liburan. Dia menyarankan, setelah liburan ada baiknya melakukan perawatan agar kualitas mobil tetap terjaga.

Tips pertama, bersihkan bagian eksterior dan interior mobil. Bersihkan bagian luar mobil dari debu atau noda yang menempel di mobil. Bersihkan pula bagian interior mobil seperti dasbor, doortrim, serta plafon mobil.

Periksa saringan udara mobil. Komponen itu biasanya menjadi bagian yang kotor dan sangat perlu untuk dibersihkan.

Lakukan juga pemeriksaan detail mulai dari kualitas dan kuantitas oli mesin, oli power steering, minyak rem hingga oli kopling. Periksa juga bagian rem dan kopling mobil.

Yang tak kalah pentingnya, cek kondisi AC mobil dari filter cabin, kompresor, kebersihan kondensor, dan tekanan refrigrant. Sebab, kata Santo, AC mobil kerap diabaikan oleh pengguna kendaraan. Padahal, AC mobil menunjang kenyamanan saat berkendara.

"Lakukan beberapa hal di atas untuk menjaga kondisi kendaraan sehingga terhindar dari kerusakan yang berpotensi menjadi masalah di kemudian hari," kata Santo. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed