Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 25 Desember 2017, 11:45 WIB

Merokok Saat Macet, Bolehkah?

Ruly Kurniawan - detikOto
Merokok Saat Macet, Bolehkah? Foto: Carbuyer
Jakarta - Banyak hal yang dilakukan pengemudi ketika terjebak macet, salah satunya ialah merokok. Entah jenis kendaraan apa yang dibawa, hal tersebut sepertinya merupakan salah satu kebiasaan yang sering kali ditemui. Dalam kacamata safety driving, bolehkah hal tersebut dilakukan?

Pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengungkapkan bahwa hal tersebut sah-sah saja. Namun yang perlu dicatat, jangan sampai merugikan orang lain dan mengganggu konsentrasi berkendara ya, Otolovers.

"Untuk mengusir kebosanan, boleh saja sih merokok asalkan tidak mengganggu orang lain. Dan juga jangan merokok ketika sedang berkendara ya dalam artian ketika gas masih diinjak," paparnya.

"Karena bila terkena angin bisa saja abu rokok atau puntungnya jatuh ke baju. Karena takut ada percikan api di sana maka konsentrasinya jadi terganggu. Nah itu yang bahaya," terus Jusri.

Namun ada baiknya bila merokok tidak dilakukan ketika masih berada di dalam kabin kendaraan. Karena selain mengganggu konsentasi tentunya dapat merusak beberapa komponen di dalam mobil lainnya seperti interior. Sebagai gantinya, kata Jusri, cukup nyalakan audio visual seperti radio, VCD lagu, dan lain sebagainya.

"Bisa juga kalau jenuh nyalakan audio visual yang bisa didengar atau gimana. Tapi jangan pakai gadget atau lainnya yang dapat mengganggu konsentrasi berkendara ya," tutup Jusri. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed