Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 29 September 2017, 16:07 WIB

Jangan Menyusahkan Diri, Main Offroad Harus Pakai Mobil 4x4

Dina Rayanti - detikOto
Jangan Menyusahkan Diri, Main Offroad Harus Pakai Mobil 4x4 Foto: Iswahyudi
Bogor - Bermain-main di trek offroad tak bisa sembarang menggunakan mobil. Harus mobil tertentu seperti 4x4 atau sistem penggerak di keempat rodanya. Menggunakan mobil dengan penggerak roda depan saja dan belakang saja tidak disarankan.

"Ya nggak bisa, sebaiknya jangan nyusahin diri sendiri. Sewaan ada tapi kan nggak nyaman pakai punya orang. Kalau mau ngebangun dari awal tapi ngebangun sekarang pun cukup mahal," saran Instruktur dari Indonesia Defensive Driving Centre, Sumantri, di Sentul, Jawa Barat.

Ia menyarankan jika memiliki mobil biasa dan tetap ngotot ingin bermain off road sebaiknya mencari tempat-tempat yang cocok dengan mobil agar mobil juga tak rusak.

"Kalau tetap pengin main tapi mobilnya nggak ada. Biasanya ada medan off road tapi tidak ekstrem-ekstrem banget, nyari tempat," lanjut Sumantri.

Ia juga menyarankan saat mengendarai mobil pada trek offroad tekanan ban juga harus diperhatikan.

"Kita lihat dulu medannya kayak apa, kalau kayak gini basah berlumpur tekanan sebaiknya dikurangi 20 persen dari normal, dari kondisi standar. Beda sama kita main di jalan raya, begitu kita kurangin yang akan menapak hanya pinggir tengahnya hilang kalau di lumpur dia akan meneken, agar mendapatkan traksinya," pungkas Sumantri. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +