Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 16 Maret 2017, 10:38 WIB

Mobil Angkut Beban Terlalu Berat, Bagian Ini yang Rentan Rusak

M Luthfi Andika - detikOto
Mobil Angkut Beban Terlalu Berat, Bagian Ini yang Rentan Rusak Foto: M Luthfi Andika
Jakarta - Banyak kejadian kita sebagai pengendara kerap memaksakan untuk membawa barang berlebih saat berkendara. Tentu hal itu sangat berbahaya bagi Anda dan pengendara lainnya.

Tapi Otolovers tahu tidak, jika kendaraan mengangkut beban berlebihan ada beberapa bagian kendaraan yang rentan rusak. Training Manager Tata Motors, Arief Budiman, menyebutkan bagian mobil mana yang akan mengalami kerusakan jika membawa beban terlalu berat.

"Beban terlalu berat itu akan berefek, biasanya nantinya akan ada permasalahan pada kaki-kaki seperti suspensi dan kopling akan lebih cepat aus," kata Arief.

Arief menambahkan, hal ini berlaku untuk semua jenis kendaraan. Termasuk pikap kabin ganda (double cabin) sekalipun.

"Harusnya saat kita menggunakan double cabin itu harus sesuai spek, karena biasanya mereka (pabrikan-Red) sudah sangat punya pengalaman (dalam melahirkan satu produk). Jika melebihi spesifikasi (yang ditentukan pabrikan untuk membawa beban-Red) itu akan membuat cost lebih tinggi," tambahnya.

Tentu cost lebih tinggi itu termasuk mengenai konsumsi bahan bakar maupun perawatan. Karena dipastikan kendaraan akan bekerja lebih keras. (lth/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +