Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 09 Maret 2017, 14:38 WIB

Interior Mobil Pakai Bahan Kulit, Hati-hati Noda Bolpoin

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Interior Mobil Pakai Bahan Kulit, Hati-hati Noda Bolpoin Pembersih jok dan interior MBtech. Foto: dok detikOto
Jakarta - Pelapis kulit sintetis bisa menjadi pilihan untuk mempercantik interior mobil. Tapi Anda perlu hati-hati, estetika interior mobil berlapis kulit sintetis bisa rusak lantaran noda.

Menurut Web Development Manager PT Polystar International sebagai distributor resmi bahan pelapis kulit sintetis merek MBtech, Edi Pamungkas, noda yang tidak bisa dihilangkan adalah noda tinta bolpoin. Menurut dia, belum ada formulasi yang bisa menghilangkan noda bolpoin tanpa merusak lapisan kulit sintetis.

"Semua bahan kulit tidak bisa hilang kalau kena bolpoin, karena tinta bolpoin itu masuk ke dalam. Ketika orang bisa menghilangkan noda bolpoin itu, itu berarti dia merusak lapisan dari kulit sintetis. Ketika itu rusak, nanti ketahanannya akan berkurang. Kena hawa dingin, panas akan pecah nanti kulit sintetisnya," kata Edi.

Interior Mobil Pakai Bahan Kulit, Hati-hati Noda BolpoinFoto: MBtech


"Kita belum menemukan formulasi yang bisa menghilangkan noda bolpoin. Pernah kita coba cari formulasinya, tapi belum berhasil," lanjutnya.

Jadi, Edi menyarankan agar lebih berhati-hati dengan noda bolpoin. Kalau kulit sintetis itu sudah terlanjut kena noda bolpoin, maka sebaiknya biarkan saja.

"Bahan kulit apa pun atau bahan kulit sintetis apa pun, kena bolpoin pasti tidak bisa hilang. Kalau misalnya kena bolpoin jangan diapa-apain, udah enggak bisa diapa-apain. Kalau dihilangin nanti malah merusak lapisannya," ucap Edi.

Sementara itu, selain noda yang meresap, sebenarnya pelapis kulit sintetis mudah dirawat. Karena, kulit sintetis sifatnya tidak menyerap air.

"Kalau di kain kan dia menyerap air, biasanya kalau menyerap air, kena debu akhirnya jadi kotor, enggak bisa dibersihin lagi. Kalau kulit sintetis yang tidak menyerap air, dia tinggal dilap aja. Kalau agak bandel pakai sabun bayi atau sabun cuci tangan itu, atau pakai air hangat juga bisa," saran Edi. (rgr/ddn)
Baca Juga
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed