Rabu, 31 Des 2014 09:43 WIB

7 Trik Menghindari Kantuk Saat Nyetir Jarak Jauh

- detikOto
Jakarta - Salah satu masalah manusiawi yang kerap dihadapi pengemudi mobil saat perjalanan jauh adalah rasa kantuk yang hebat. Jika itu terjadi pada diri Anda, jangan sesekali memaksakan diri karena bisa berakibat fatal. Lantas apa saja yang harus dilakukan agar hal itu tak terjadi?

Laman Canada Safety Council, Rabu (31/12/2014) memberikan sejumlah kiat sebelum mengemudi jarak jauh yang aman dan nyaman. Ada 7 hal yang perlu diperhatikan:

1. Mengemudilah setelah istirahat cukup

Jangan sesekali untuk mengemudi jarak jauh ketika Anda merasa lelah. Tunda rencana keberangkatan dan beristirahat dengan cukup dan lakukan olah raga ringan.

2. Jaga stamina psikis

Menjaga kebugaran psikis agar tak lelah bisa Anda lakukan dengan cara mendengarkan musik dari peranti hiburan, sesekali memperhatikan rambu lalu-lintas, mengubah posisi duduk dan cara bersandar. Atau bisa juga dengan mengunyah permen, sehingga syaraf tetap beraktivitas.

3. Pilih makanan berprotein tinggi

Sebelum berangkat atau saat istirahat jangan banyak makan makanan yang mengandung kabohidrat tinggi. Makanlah makanan yang berprotein tinggi seperti daging atau kacang-kacangan.

4. Jangan mengandalkan kopi

Selama ini orang akan meminum kopi untuk mencegah kantuk. Boleh saja Anda meminumnya karena kafein memang bisa membangunkan Anda secara fisik.

Namun, kafein tidak menjamin kewaspadaan psikis yang telah lelah. Walhasil konsentrasi tetap bisa buyar, hal itu tentu sangat membahayakan. Ingat kantuk menyebabkan konsentrasi dan kesigapan seseorang menurun.

5. Hindari alkohol dan obat-obatan

Alkohol berpengaruh besar menurunkan tingkat kesadaran seseorang. Begitu pun dengan obat-obatan, termasuk obat flu yang menyebabkan kantuk. Oleh karena itu konsultasikan dengan dokter jika Anda harus menenggak obat sebelum berangkat.

6. Mengemudi dengan cara defensif

Cara mengemudi ini adalah mengendalikan mobil dengan cara cermat dan bijak. Tak mudah bermanuver tancap gas, sering menyalip di saat yang tak perlu, atau memacu kendaraan.

7. Segera istirahat bila konsentrasi mulai buyar

Jangan bersepekulasi terus mengemudi jika tiba-tiba Anda merasa lupa rute mana saja yang telah Anda lewati. Sebab, itu pertanda konsentrasi Anda telah menurun. Segera menepi dan beristirahatlah dengan tidur sebentar. Bila perlu carilah hotel atau tempat yang aman seperti rest area untuk beristirahat lebih lama.

(arf/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com