Ratu Elizabeth II, Satu-satunya Keluarga Kerajaan yang Rela Tangannya Penuh Oli

ADVERTISEMENT

Ratu Elizabeth II, Satu-satunya Keluarga Kerajaan yang Rela Tangannya Penuh Oli

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jumat, 09 Sep 2022 18:11 WIB
UNITED KINGDOM - CIRCA 1945:  Princess Elizabeth (born in 1926), future queen Elizabeth II of England, learning how to change a car wheel as an auxiliary-officer of the English Army, 1945.  (Photo by Roger Viollet via Getty Images)
Foto: Ratu Elizabeth II saat Jadi Mekanik Era Perang Dunia (Roger Viollet via Getty Images/Roger Viollet)
Jakarta -

Semasa hidupnya, Ratu Elizabeth II kerap mengemudi mobil sendiri meski usianya sudah 90 tahun lebih. Dia sering berada di balik kemudi saat tidak terlihat oleh publik.

Kecintaan Ratu Elizabeth dengan mengendarai mobil diawali dari akhir masa remajanya. Saat itu, Putri Elizabeth sangat gila mobil dan meminta orang tuanya untuk mengizinkan bergabung dengan Women's Auxiliary Territorial Service selama Perang Dunia Kedua.

Kala itu, Elizabeth menjadi mekanik. Dia telah mempelajari cara mengganti ban, membangun kembali mesin yang mogok, hingga mengemudikan ambulans dan truk.

Bahkan, dilansir Express, Ratu Elizabeth dikatakan sebagai satu-satunya anggota Keluarga Kerajaan yang tidak takut tangannya penuh oli. Dia kerap memperbaiki mobil-mobil yang mogok agar bisa bergerak lagi.

Majalah Collier tahun 1947 mendeskripsikan Putri Elizabeth yang dengan bangga melakukan pekerjaannya sebagai mekanik. "Salah satu kegembiraan utamanya adalah mendapatkan kotoran di bawah kuku dan noda oli di tangannya, dan menunjukkan tanda-tanda ini kepada teman-temannya," tulisnya.

Sang Ratu dikatakan memiliki armada mobil di garasi Kerajaan, termasuk Bentley Bentayga. Di antara merek favoritnya adalah Bentley dan Jaguar, meskipun dia juga terlihat di Vauxhall.

Yang paling disayangi adalah Land Rover. Dia dikatakan telah memiliki lebih dari 30 Land Rover selama masa pemerintahannya dan tidak kurang dari enam unit yang berasal dari tahun 1958.

Untuk menandai peringatan 50 tahun sebagai Ratu Inggris pada tahun 2002, Ratu Elizabeth memiliki limusin Bentley State berlapis baja. Mobil limusin Bentley dirancang khusus untuk Keluarga Kerajaan. Hanya dua unit yang pernah dibuat, keduanya disimpan di Royal Mews.

Mobil Ratu Elizabeth II ini memiliki bodi lapis baja dan kaca antipeluru untuk melindungi Sang Ratu. Setiap kendaraan ketika Ratu bepergian, harus dijaga 100 persen aman dari segala macam ancaman. Kabin dalam limusin ini kedap udara untuk memastikannya terlindungi dengan baik dari ancaman serangan gas atau ledakan.

Ban yang diperkuat kevlar juga dipasang untuk memastikan mobil tidak berisiko terkena tusukan sehingga Ratu tidak akan pernah terlambat.

Untuk urusan dapur pacunya, Bentley State Limousine ini dibekali mesin V8 6.750 cc. Tenaganya mencapai 400 daya kuda dengan kecepatan tertinggi 209 km/jam.



Simak Video "Penerbangan Terakhir Ratu Elizabeth II Paling Banyak Dilacak dalam Sejarah"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT