Intip Isi Garasi Azwar Anas yang Baru Dilantik Jadi Menpan-RB, Cuma Punya 1 Mobil

ADVERTISEMENT

Intip Isi Garasi Azwar Anas yang Baru Dilantik Jadi Menpan-RB, Cuma Punya 1 Mobil

Tim detikcom - detikOto
Rabu, 07 Sep 2022 16:35 WIB
MenPAN-RB Azwar Anas (Screenshot YouTube Setpres).
Foto: MenPAN-RB Azwar Anas. (Screenshot YouTube Setpres).
Jakarta -

Abdullah Azwar Anas resmi dilantik menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB). Pelantikan Azwar Anas digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat, dan disiarkan juga melalui YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (7/9/2022). Pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan 'Indonesia Raya'.

Azwar Anas menggantikan posisi yang sebelumnya diisi oleh Tjahjo Kumolo. Seperti diketahui, Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada awal Juli lalu. Mendagri Tito Karnavian kemudian ditunjuk menjadi MenPAN-RB Ad Interim.

Setelah status ad interim berakhir, Presiden Jokowi menunjuk Menko Polhukam Mahfud Md sebagai Plt MenPAN-RB. Masa jabatan Plt MenPAN-RB itu berlangsung sampai pejabat definitif dilantik.

Azwar Anas sebelumnya menduduki jabatan sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) pada Januari 2022. Sebagai pejabat, hal menarik yang turut menjadi sorotan adalah harta kekayaannya.

Dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Azwar terakhir menyampaikan laporannya pada 31 Maret 2022 saat menjabat sebagai Kepala LKPP. Total kekayaan yang dilaporkan Azwar sebesar Rp 16.380.464.415.

Harta kekayaan Azwar itu terdiri dari beberapa jenis, mulai dari Tanah dan Bangunan, alat transportasi dan mesin, harta bergerak lainnya, surat berharga, kas dan setara kas, serta harta lainnya.

Untuk alat transportasi dan mesin, Azwar melaporkan hanya memiliki satu unit kendaraan berupa Toyota Alphard lansiran 2010. Toyota Alphard yang menginjak usia 12 tahun itu diperoleh dari hasil sendiri dan ditaksir memiliki nilai Rp 180 juta.

Kemudian untuk tanah dan bangunan milik Azwar, nilainya Rp 4,875 miliar, harta bergerak lainnya Rp 146.350.000, surat berharga Rp 5.975.537.868, kas dan setara kas senilai Rp 4.523.576.547, serta harta lainnya Rp 680.000.000.



Simak Video "Jokowi Lantik Azwar Anas Jadi MenPAN-RB"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT