ADVERTISEMENT

Selamat Ulang Tahun ke-61, Pak Jokowi! Kapan Motoran Lagi?

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 21 Jun 2022 12:39 WIB
Presiden Joko Widodo (tengah) mengendarai motor Chopper Royal Enfield 350 cc saat kunjungan kerja di Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (8/4). Presiden mengendara motor sejauh 30 kilometer meninjau pelaksanaan program padat karya tunai sekaligus memperkenalkan kawasan wisata Pelabuhan Ratu. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/foc/18.
Hobi motoran Presiden Jokowi (Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Jakarta -

Tanggal 21 Juni 1961 merupakan hari spesial bagi Presiden Jokowi. Tepat 61 tahun yang lalu, pasangan Noto Mihardjo dan Sudjatmi merayakan kelahiran bayi laki-laki, yang mungkin tak mereka sangka akan menjadi pemimpin Indonesia, yang ternyata hobi juga menunggangi sepeda motor.

Selamat ulang tahun, Presiden Jokowi! Hari ini Jokowi akan mendapat ribuan, bahkan bisa jadi jutaan, ucapan selamat seperti itu. Ucapan selamat ulang tahun kepada Jokowi menjadi trending di Twitter. Banyak netizen yang mendoakan kebaikan untuk Jokowi.

Jokowi menjadi sosok kepala negara yang begitu lekat dengan dunia otomotif. Masyarakat sudah mengenal hobinya naik motor untuk blusukan ke mana-mana.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) cukup rajin konvoi naik motor. Ia tercatat pernah mengendarai motor trail saat mengecek pengerjaan tol di Papua, dia juga pernah mengendarai motor listrik di daerah yang sama.

Presiden Joko Widodo (tengah) mengendarai motor Chopper Royal Enfield 350 cc saat kunjungan kerja di Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (8/4). Presiden mengendara motor sejauh 30 kilometer meninjau pelaksanaan program padat karya tunai sekaligus memperkenalkan kawasan wisata Pelabuhan Ratu. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/foc/18.Presiden Joko Widodo (tengah) mengendarai motor Chopper Royal Enfield 350 cc saat kunjungan kerja di Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (8/4). Presiden mengendara motor sejauh 30 kilometer meninjau pelaksanaan program padat karya tunai sekaligus memperkenalkan kawasan wisata Pelabuhan Ratu. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/foc/18. Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Motor modifikasi jadi pilihan Presiden Jokowi. Sekitar 2018 silam, Jokowi sempati mengendarai motor modifikasi bernama Chopperland. Motor berbasis Royal Enfield 350 cc tahun 2016 itu hasil garapan Elders Garage dan KickAss Choppers.

Jokowi sempat berkeliling bersama Chopperland berkelir kuning itu. Salah satunya sempat memimpin touring ke Sukabumi pada 2018 silam.

Selain memakai motor basis dari Royal Enfield. Presiden juga memiliki motor custom Kawasaki W 175 yang sudah dimodifikasi.

Diketahui motor custom ini merupakan hasil garapan Katros Garage beberapa tahun lalu. Motor itu dibeli Jokowi saat dirinya menghadiri acara otomotif Tumplek Blek, Juli 2018 silam.

Motor tersebut pernah dipakai untuk mengecek perbatasan Trans Kalimantan 2019 silam. Kala itu Kawasaki W175 sudah dikustom bergaya Chopper-Bobber.

Presiden Jokowi memilih menunggangi motor custom saat meninjau progres pembangunan jalan akses perbatasan Kalimantan Utara di Nunukan.Presiden Jokowi memilih menunggangi motor custom saat meninjau progres pembangunan jalan akses perbatasan Kalimantan Utara di Nunukan. Foto: Muchlis Jr/Setpres

Tampilannya kemudian berganti lagi jelang gelaran World Superbike (WSBK) 2021. Motor tersebut dipakai Jokowi saat menjajal sirkuit Mandalika. Konsep anyar pada motor yang dipakai Jokowi tersebut mengusung gaya Chopper Racer.

Presiden Joko Widodo mengendarai sepeda motor custom Kawasaki W175 saat mencoba lintasan sirkuit pada acara peresmian Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Praya, Lombok Tengah, NTB, Jumat (12/11/2021). Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Lombok dalam rangka meresmikan Sirkuit Mandalika dan Jalan Bypass BIL-Mandalika. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/wsj.Presiden Joko Widodo mengendarai sepeda motor custom Kawasaki W175 saat mencoba lintasan sirkuit pada acara peresmian Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Praya, Lombok Tengah, NTB, Jumat (12/11/2021). Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Lombok dalam rangka meresmikan Sirkuit Mandalika dan Jalan Bypass BIL-Mandalika. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/wsj. Foto: ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI

Kawasaki W175 itu hadir dengan tampilan bodi baru yang memiliki karakter classic racing style. Sepeda motor kustom itu terpasang half fairing khas café racer yang memiliki desain membulat.

Tampilan motornya kembali berbeda ketika meninjau Sirkuit Mandalika untuk gelaran MotoGP 2022.

Presiden Joko Widodo mengendarai sepeda motor custom Kawasaki W175 bergaya chopper bobber di Jalan Bypass BIL-Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Kamis (13/1/2022). Kunjungan kerja tersebut untuk mengecek kesiapan jelang event MotoGP yang akan diselenggarakan di Mandalika, Lombok. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/rwa.Presiden Joko Widodo mengendarai sepeda motor custom Kawasaki W175 bergaya chopper bobber di Jalan Bypass BIL-Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Kamis (13/1/2022). Kunjungan kerja tersebut untuk mengecek kesiapan jelang event MotoGP yang akan diselenggarakan di Mandalika, Lombok. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/rwa. Foto: ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI

Neo Retro Bobber menjadi pilihan, basis mesin tetap sama. Memang terdapat sejumlah perbedaan dibanding W175 Custom milik Jokowi sebelumnya. Mulai dari spatbor, jok, knalpot, dan juga warna. Half fairing juga sudah dicopot untuk menyesuaikan konsep.

Jika sebelumnya menggunakan warna hijau metalic, kini motor custom itu dibalur warna hijau tosca dengan perpaduan silver metalik dan garis list gold leaf.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) beraudiensi dengan pebalap MotoGP di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Kepada Marc Marquez dan kawan-kawan, Jokowi memperkenalkan motor RI 1.Presiden Joko Widodo (Jokowi) beraudiensi dengan pebalap MotoGP di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Kepada Marc Marquez dan kawan-kawan, Jokowi memperkenalkan motor RI 1. Foto: Laily Rachev/Biro Pers Setpres

Motor dengan konsep Neo Retro Bobber itu juga yang dipamerkan ke pebalap MotoGP. Jokowi mengatakan motor tersebut tak sekeren milik para pebalap MotoGP.

"Sepeda motor saya ini tidak sekeren milik para pembalap MotoGP," ujar Jokowi seperti dilihat dalam akun Instagram @jokowi, Rabu (16/3).

Tapi, kata Jokowi, motor itu sering digunakannya saat bertemu dengan warga. Motor itu pula yang pertama kali menjajal sirkuit Mandalika yang bakal jadi arena balapan MotoGP.

"Tapi motor ini sering saya kendarai saat berkunjung ke daerah, bertemu dan mendengarkan aspirasi masyarakat, melihat permasalahan di lapangan, meninjau perkembangan pembangunan infrastruktur, hingga mencoba sirkuit di Mandalika," tulis Jokowi.



Simak Video "Prediksi Jokowi: 800 Juta Orang di Dunia Terancam Kelaparan"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT