Diam-diam Lewis Hamilton Jual Pagani Zonda 760LH Miliknya

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 25 Des 2021 18:35 WIB
ABU DHABI, UNITED ARAB EMIRATES - NOVEMBER 23:   (EDITORS NOTE: Retransmission of #459457336) Lewis Hamilton of Great Britain and Mercedes GP celebrates with his team after winning the World Championship after the Abu Dhabi Formula One Grand Prix at Yas Marina Circuit on November 23, 2014 in Abu Dhabi, United Arab Emirates.  (Photo by Clive Rose/Getty Images)
Lewis Hamilton Foto: Getty Images/Clive Rose
Jakarta -

Pebalap Formula 1, Lewis Hamilton dikenal sebagai sosok yang gemar mengoleksi berbagai mobil mewah dan kencang, salah satunya adalah Pagani Zonda 760LH. Namun belakangan ini, supercar tersebut diketahui sudah dijual oleh Hamilton dan sekarang telah di tangan pemilik yang baru.

Dilansir dari Carscoops, Lewis Hamilton dikabarkan sudah menjual mobil tersebut kepada seseorang. Pagani Zonda 760LH yang awalnya disimpan rapi di dalam garasi rumahnya di Monaco, kini telah dikirim ke pemilik barunya yang tinggal di Inggris.

Sayangnya, tidak diketahui secara pasti siapa pemilik baru dari supercar milik Hamilton itu. Yang jelas, pemilik barunya memiliki biaya yang cukup banyak karena Pagani Zonda 760LH merupakan salah satu mobil yang gahar.

Sedikit informasi, juara dunia F1 sebanyak tujuh kali tersebut telah membeli Pagani Zonda 760 sejak tujuh tahun lalu, atau tepatnya di tahun 2014. Supercar itu juga jarang digunakan oleh Hamilton, sehingga ada dugaan odometernya masih di bawah dari 1.000 km. Wajar jika jarang dipakai oleh Hamilton sebab balapan F1 punya jadwal yang cukup padat dalam satu musim.

Dalam beberapa kesempatan, Hamilton sering mengunjungi Monaco dan mengendarai supercar miliknya. Namun, mobil tersebut juga pernah mengalami kecelakaan di jalan raya.

Pada tahun 2015, Hamilton terlibat kecelakaan pada salah satu ruas jalan di Monaco. Beruntung, saat itu Hamilton menggeber Pagani Zonda miliknya dalam kecepatan rendah, namun Hamilton harus melakukan sejumlah perbaikan karena ditemukan beberapa kerusakan kecil.

Saat Lewis Hamilton tungganggi Pagani Zonda 760LHSaat Lewis Hamilton tungganggi Pagani Zonda 760LH Foto: Pool (Autoevolution)

Pada Agustus 2021, pebalap asal Inggris itu juga kedapatan tengah berkunjung ke Monaco dan mengendarai Pagani Zonda 760LH. Tapi kali ini Hamilton mengendarainya dengan aman.

Soal dapur pacunya, supercar milik Hamilton itu mengusung mesin naturally aspirated AMG V12 berkapasitas 7.3 L yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 750 hp serta torsi puncaknya di angka 780 Nm.

Tidak seperti kebanyakan model 760 yang dijual secara umum, supercar milik Hamilton ini mengusung transmisi manual enam kecepatan yang mengirimkan tenaga melalui roda belakang. Sedangkan untuk Pagani Zonda dengan varian sama dan dijual umum, mengusung transmisi otomatis dengan mengusung paddle shift.

Untuk harganya sendiri sebenarnya tidak diketahui secara pasti, sebab Pagani Zonda 760LH ini merupakan supercar khusus Hamilton yang telah mendapat kustomisasi. Namun jika merujuk pada harga Pagani Zonda 760 secara umum, banderolnya bisa mencapai US$ 1,5 juta atau setara Rp 21,3 miliar.



Simak Video "Wajah Semringah Rossi Saat Nomor 46 Dipensiunkan"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)