Sukses Touring 3.000 Km, Eks Menag Lukman Antisipasi Emak-emak Sein Kiri-Belok Kanan

Agus Setyadi - detikOto
Minggu, 03 Okt 2021 07:45 WIB
Eks Menteri Agama Lukman Saifuddin touring tiba di titik kilometer nol Indonesia
Eks Menteri Agama Lukman tiba di titik kilometer nol Indonesia Foto: Instagram @lukmanhsaifuddin
Banda Aceh -

Eks Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin melakukan touring dengan menunggangi motor skutik bongsor 250 cc dari Jakarta menuju Aceh. Tiba di Tanah Rencong, Lukman mengunjungi titik kilometer nol Indonesia.

"Syukur Alhamdulillah, setelah 8 hari perjalanan dari Jakarta, menempuh lebih dari 3.000 kilometer akhirnya sampai di nol kilometer Indonesia. Bersyukur dan bahagia," kata Lukman dalam keterangan kepada wartawan, Kamis (30/9/2021).

Lukman tiba di Pulau Sabang, Selasa (28/9). Dia turut memamerkan sertifikat kunjungannya ke kilometer nol pada akun Instagram miliknya. Eks menteri ini tercatat sebagai pengunjung ke 245.242.

Touring dari ibu kota tersebut digelar Lukman bersama rombongan dari Honda Forza Club Indonesia (HFCI). Menurutnya, touring ke KM 0 Indonesia semacam ritual puncak bagi umumnya rider Indonesia.

Selama dalam perjalanan dari Jakarta ke Aceh, Lukman mendapat banyak pengalaman. Baginya touring itu disebut bukan sekadar menikmati keindahan alam tapi melihat langsung tentang keragaman Indonesia.

Menurutnya, touring tersebut mengajarkan banyak hal salah satunya kesetiakawanan. Dia mencontohkan, ketika ada peserta touring mengalami mogok di jalan.

"Di club motor itu yang sangat menonjol adalah kesetiakawanan. Jadi, kondisi apapun yang terjadi pada anggota, itu semua kita akan care, akan saling peduli, misalnya ada kerusakan di tengah jalan, ada yang perlu istirahat," katanya.

Lanjut Lukman, seorang pengendara akan diuji saat melintasi setiap lintasan, terutama pada area padat lalu-lintas. Di lintasan ini, biker akan dihadapkan dengan berbagai tantangan.

"Misalnya di tengah jalan tiba-tiba ada orang nyebrang tiba-tiba, ibuk-ibuk naik motor, sean-nya ke kiri, tapi tiba-tiba belok ke kanan. Nah, ini harus bisa dikendalikan," jelas Lukman.

Selama di Banda Aceh dan Sabang, Lukman didampingi eks Kepala Kantor Wilayah Kemenag Aceh M Daud Pakeh. Lukman adalah pimpinan Daud ketika keduanya sama-sama masih menjabat.

[Gambas:Instagram]



Lihat juga video saat 'Ridwan Kamil Touring Sambil Bagi-bagi Sembako-Cek Vaksinasi':

[Gambas:Video 20detik]



(riar/riar)