Spesifikasi Motor 250 cc Termahal di Indonesia yang Dipakai Eks Menag Lukman Touring 3.400 Km

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 21 Sep 2021 21:50 WIB
Test ride Honda Forza
Ilustrasi motor yang dipakai eks Menteri Agama Lukman Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta -

Eks Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bakal melakoni perjalanan dari Jakarta menuju Aceh. Dia diketahui menggunakan skutik 250 cc yang harganya paling mahal di Indonesia.

Melalui akun instagram resminya, Lukman menyatakan akan menempuh perjalanan sejauh 3.400 kilometer selama 9 hari. Ini bukan perjalanan yang singkat, seperti apa motor yang dibawa Lukman menuju titik paling di Republik Indonesia?

Terlihat Honda Forza yang bakal menemani perjalanan Mantan Menteri Agama ini sudah terpasang tas motor untuk membawa barang tambahan. Selebihnya dari luar motor terlihat standar bawaan pabrik.

Eks Menteri Agama Lukman Saifuddin touring Jakarta-AcehEks Menteri Agama Lukman Saifuddin touring Jakarta-Aceh Foto: Instagram @lukmanhsaifuddin

Fitur unggulan

Honda Forza 250 diluncurkan sejak Agustus 2018 pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Motor 250 cc satu silinder ini kemudian mendapat penyegaran pada Februari 2021 lalu.

Sebagai skutik gambot premium termahal di kelasnya, Honda Forza yang digunakan Lukman punya beberapa fitur unggulan, di antaranya Smart Key System, bagasi U-box yang bisa menampung 2 helm serta barang bawaan lainnya, electrical adjustable windscreen, dan Honda Selectable Torque Control (HSTC) sebagai pengontrol traksi.

Test ride Honda ForzaTest ride Honda Forza Foto: Rangga Rahadiansyah

Pada model terbaru Februari lalu, Honda Forza telah dilengkapi fitur ESS (Emergency Stop Signal) yang secara otomatis akan mengaktifkan lampu hazard saat melakukan pengereman mendadak. Selain itu motor ini juga telah dilengkapi console box dengan USB Charger pada bagian depan.

Dari segi keamanan berkendara, skutik besar ini dilengkapi cakram depan dan belakang yang menggunakan sistem ABS 2 Channel.

Kekinian, tingkat ketinggian windscreen juga sudah menggunakan metode penyetelan secara elektrik pertama yang hadir di kelasnya. Model terbaru ini memiliki jarak penyesuaian lebih tinggi yaitu sekitar 40mm.

Test ride Honda ForzaTest ride Honda Forza Foto: Rangga Rahadiansyah

Bicara fitur sudah, bagaimana dengan performanya?

Honda Forza masih menggunakan mesin satu silinder 250cc SOHC eSP+ (enhanced Smart Power) berpendingin cairan. Di atas kertas skutik bongsor ini bisa mengeluarkan tenaga maksimum 17 kW/7.750 rpm dan torsi puncak 24Nm/6.250 rpm.

Astra Honda Motor meluncurkan Honad Forza 250 versi terbaruHonda Forza terbaru rilis pada Februari 2021 Foto: Dok. AHM

Termahal di kelasnya

Tercatat ada tiga merek skutik berkapasitas 250 cc yang dijual di Indonesia yaitu Yamaha Xmax, Kymco Downtown 250i, dan Honda Forza.

Di antara ketiga model tersebut, Forza menjadi yang termahal. Forza sendiri masih didatangkan secara impor utuh dari Thailand.

Honda Forza saat ini dijual Rp 84.645.000, sementara kompetitornya Yamaha Xmax dibanderol Rp 62 juta, dan Kymco Downtown 250i dibanderol Rp 75 juta.



Simak Video "Rp 3 Jutaan per Bulan, Ini Skema Cicilan Skutik Gambot Honda Forza 250"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)