Kenalan Sama Bu Yayuk: Satu-satunya Driver Wanita di Bus PO Haryanto

Ahmad Masaul Khoiri - detikOto
Sabtu, 03 Apr 2021 13:32 WIB
Driver bus wanita di bus PO Haryanto, Bekti Rahayu
Foto: Screenshot Instagram @aditsayuti. Driver bus wanita di bus PO Haryanto, Bekti Rahayu.
Jakarta -

Hampir sebagian besar profesi driver bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) dijalani oleh kaum lelaki. Namun di PO (Perusahaan Otobus) Haryanto ada satu pengemudi perempuan yang masih aktif hingga saat ini. Driver wanita PO Haryanto tersebut bernama Bekti Rahayu atau akrab disapa Bu Yayuk.

Dijelaskan Direktur Operasional PO Haryanto, Rian Mahendra, Bu Yayuk biasa mengoperasikan bus PO Haryanto di rute Wonogiri-Jakarta. Sebelumnya, Bu Yayuk adalah pengemudi bus Transjakarta.

[Gambas:Instagram]


"HR 10 jarang ke (Kudus) sini karena rutenya di sana. Asal dari sana. Ikut HR statusnya sudah 5-6 tahun. Sebelumnya (Bu Yayuk adalah) pengemudi di Transjakarta," kata Rian.

Menurut Rian, tidak semudah itu menerima pengemudi perempuan untuk menjalankan armada busnya. Bahkan Rian mengatakan bahwa sudah beberapa kali menolak lamaran pekerjaan Bu Yayuk, sebelum akhirnya diterima.

"Ada (yang) merekomendasikan (beliau). Dulu melamar di sini (PO Haryanto) tiga kali tak tolak terus. Tapi akhirnya tak kasih kesempatan," sambung Rian.

Rian menambahkan, tidak gampang mempercayakan penumpang setianya kepada orang atau pengemudi yang tidak diyakini kemampuannya. Apalagi dunia bus sangat berbeda.

"Tapi memang karakternya Bu Yayuk itu beda. Bekti Rahayu namanya. Beliau itu dari kecil di jalan, basic-nya. Suaminya punya bus juga. Orang jalanan lah, dari karakter nggak tak ragukan. Kemampuan tes praktiknya juga baik ya tak coba (jadi driver PO Haryanto," kata Rian.

"(Dan) ternyata sampai sekarang alhamdulillah baik. Setelah itu banyak kru wanita yang daftar tapi aku nggak nerima lagi. Itu tadi alasannya, karena gak gampang mempercayakan 30 penumpang setiap hari," tukasnya.



Simak Video "Ini Alasan Toilet Bus Hanya Boleh Digunakan saat Berjalan"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)