Rabu, 05 Agu 2020 08:19 WIB

Rumah Ex Bos Nissan Carlos Ghosn Dikabarkan Kena Ledakan Lebanon

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Chairman of Board Mitsubishi Motors, Carlos Ghosn Carlos Ghosn. Dikabarkan, rumah Ghosn hancur terkena ledakan besar di Beirut, Lebanon. Foto: Ari Saputra
Beirut -

Sebuah ledakan besar mengguncang Beirut, Lebanon. Rumah-rumah yang berjarak 10 kilometer dari lokasi kejadian rusak. Dilaporkan, mantan bos aliansi Renault-Nissan, Carlos Ghosn, ikut terdampak dari ledakan besar tersebut.

Kabar itu diembuskan oleh media asal Brasil, Estadao, berdasarkan keterangan dari istri Carlos Ghosn, Carole Ghosn. Carole menyebutkan, rumahnya di Beirut, Lebanon, rusak akibat ledakan besar Beirut, Lebanon, tapi keluarganya aman.

"Kami baik-baik saja, tapi rumahnya hancur. Seluruh Beirut hancur," kata Carole kepada surat kabar asal Brasil itu.

Dilaporkan, rumah Ghosn berada di kawasan kelas atas Achrafieh. Lokasi itu relatif dekat dengan pelabuhan Beirut dan Rumah Sakit Universitas St. George, di mana banyak dari korban terluka akibat ledakan dirawat.

Mantan bos Nissan Carlos Ghosn mengonfirmasi kalau dirinya sudah berada di Lebanon. Ini dia lokasi tempat tinggalnya.Rumah Carlos Ghosn di Beirut, Lebanon. Rumah Ghosn dikabarkan hancur terkena ledakan besar di Beirut. Foto: AP Photo

Untuk diketahui, Carlos Ghosn merupakan mantan bos Renault dan Nissan yang tersandung skandal keuangan di Nissan. Ghosn merupakan pria kelahiran Brasil yang memegang kewarganegaraan Brasil, Lebanon, dan Prancis.

Lebanon merupakan rumah masa kecil Ghosn. Lebanon adalah negara asal orang tuanya.

Akhir 2019 lalu, Ghosn kabur dari Jepang menuju rumahnya di Beirut, Lebanon. Ghosn kabur ke Lebanon dengan menumpang jet pribadi.

Ghosn melarikan diri ke Lebanon, rumah masa kecilnya, setelah didakwa melakukan penyalahgunaan uang perusahaan dan memanipulasi laporan pendapatannya selama menjabat sebagai bos Nissan. Ia menyangkal semua dakwaan tersebut.

Ghosn sebelumnya ditangkap pada tahun 2018 dan menghadapi beberapa tuntutan. Dia dibebaskan Maret 2019 lalu setelah memberikan uang jaminan ke otoritas Tokyo sebesar 1 miliar yen atau sekitar Rp 126 miliar. Ghosn seharusnya sedang menunggu pengadilan dan dilarang meninggalkan Jepang.

Rumah Ghosn yang dikabarkan hancur kena ledakan Lebanon sempat terkenal. Rumah itu menjadi lokasi konferensi pers pertama Ghosn usai kaburnya dari Jepang dan kedatangannya di Lebanon.



Simak Video "From Rusia With Love, Bantuan ke Lebanon Diterbangkan"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com