Senin, 06 Jul 2020 12:51 WIB

Istri Bupati Kutai Timur yang Kena OTT KPK Cuma Punya Satu Mobil Low SUV

Ridwan Arifin - detikOto
Bupati Kutai Timur jadi tersangka KPK (Ibnu/detikcom) Foto: Bupati Kutai Timur jadi tersangka KPK (Ibnu/detikcom)
Jakarta -

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) Bupati Kutai Timur (Kutim) Ismunandar, beserta istrinya Encek UR Firgansih yang diketahui menjabat sebagai Ketua DPRD Kutim, Kamis (2/6).

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Encek UR Firgansih memiliki total kekayaan sebesar Rp 1.616.382.024 (Rp 1,6 miliar).

Dalam laporan itu, harta kekayaan Encek UR Firgansih terbagi atas tanah dan bangunan seluas 1.172 meter persegi serta satu unit alat transportasi dan mesin, yakni mobil Low SUV Toyota Rush 1.5 G tahun 2011 yang ditaksir Rp 105 juta. Harta kekayaan ini dilaporkan pada 14 April 2020.

Toyota RushIlustrasi Toyota Rush Foto: Rengga Sancaya

Sama dengan sang suami, dalam sumber yang sama, Ismunandar punya jumlah kekayaan sebesar Rp 3.148.310.015 (Rp 3,1 miliar lebih). Pun Ia hanya punya satu unit mobil Suzuki SB 416 lansiran tahun 1997 yang ditaksir seharga Rp 40 juta.

Diketahui, Encek bersama suaminya, yang merupakan Bupati Kutim Ismunandar, serta bersama sejumlah pihak terkena operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan penyidik KPK. Mereka diamankan penyidik KPK pada Kamis (2/7/2020) di Jakarta, Kutai Timur, dan Samarinda.

Dari OTT itu, KPK kemudian menetapkan tujuh orang tersangka kasus dugaan suap pembangunan proyek infrastruktur di Kutai Timur.

KPK masih menghitung jumlah uang yang diterima Bupati Kutai Timur Ismunandar dkk terkait kasus dugaan suap proyek infrastruktur. KPK mengatakan penghitungan itu dilakukan dengan pemeriksaan saksi-saksi dan data dari PPATK dan LHKPN.

"Belum bisa kita jumlahkan karena nanti akan kita lengkapi dari laporan PPATK, LHKPN dan hasil dari penyidikan lebih lanjut terhadap pemeriksaan beberapa saksi maupun terhadap proyek-proyek yang dikerjakan para tersangka," kata Deputi Penindakan KPK Karyoto di gedung KPK Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan beberapa waktu yang lalu.



Simak Video "Bupati-Ketua DPRD Kutai Timur Jadi Tersangka KPK"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com