Giliran Istri Carlos Ghosn yang Diburu Jepang

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Rabu, 08 Jan 2020 13:38 WIB
Rumah yang diduga jadi tempat tinggal Ghosn di Lebanon Foto: AP Photo
Tokyo/Beirut - Penuntut Jepang kini mulai membidik istri mantan bos Nissan-Renault-Mitsubishi, Carlos Ghosn. Carole Ghosn diburu Jepang dengan tuduhan sumpah palsu.

Jepang juga berharap keluarnya surat perintah penahanan ini bisa membuat Carlos Ghosn kembali ke Jepang untuk menghadapi pengadilan. Selain itu seorang pejabat Kementerian Hukum Jepang mengatakan Jepang juga kini tengah mengulik-ulik hukum Lebanon agar bisa membawa kembali Ghosn ke Jepang.



Jepang menilai istri Ghosn berbohong dengan mengatakan tidak tahu atau bertemu dengan orang-orang yang terkait dengan kasus manipulasi keuangan oleh Ghosn. Namun Carole menilai hal ini sebagai usaha balas dendam dari Jepang saja.

"Penuntut Jepang tengah mencari balas dendam," ujar Carole kepada harian Le Parisien dalam sebuah wawancara di Beirut, seperti dikutip dari Reuters. Dia meminta aparat Jepang untuk memberikan kelonggaran pada suaminya. Ghosn dikabarkan akan memberikan jumpa pers pada wartawan di Lebanon, Rabu ini.

"Terakhir kali Carlos Ghosn mengumumkan jumpa pers, dia langsung ditangkap kembali. Kali ini sehari sebelum Ghosn akan berbicara secara bebas, ada permintaan penahanan untuk istrinya, ini sangat menyedihkan," ujar juru bicara Ghosn.

Simak Video "Mantan Bos Nissan Carlos Ghosn Diburu Interpol"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)