Jumat, 04 Okt 2019 13:59 WIB

Punya Harta Rp 49 Miliar, Moeldoko Cuma Punya 1 Mobil

Dina Rayanti - detikOto
Foto: Andhika Prasetia/detikcom Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta - Tak semua orang yang memiliki harta berlebih memilih untuk mengalokasikan uangnya untuk membeli mobil. Ada beberapa kalangan yang justru memilih untuk menyimpan hartanya dalam bentuk tanah atau lainnya.

Mungkin salah satunya adalah Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko. Moeldoko yang berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) memiliki kekayaan senilai Rp 49.556.346.849 hanya memiliki satu unit mobil.


Moeldoko dalam LHKPN yang disetor ke Komisi Pemberantasan Korupsi pada 31 Desember 2018, diketahui memiliki satu unit Toyota Camry Hybrid 2.5 L. Salah satu jajaran mobil ramah lingkungan milik Moeldoko itu merupakan keluaran tahun 2012. Sedan Jepang tersebut ditaksir memiliki harga kisaran Rp 240 juta.

Sedan yang identik dengan kendaraan dinas menteri itu dibeli Moeldoko dari hasilnya sendiri. Tak ada lagi mobil dan motor yang dimiliki Moeldoko berdasarkan laporan tersebut.


Sebelumnya, pada LHKPN tahun 2013, Moeldoko sempat memiliki Land Cruiser tahun 2011. Namun mobil tersebut tak lagi jadi miliknya karena telah dihibahkan.

Toyota Camry Hybrid sendiri masuk tahun 2019 sudah memiliki model baru. Mobil yang sempat identik dengan kendaraan dinas menteri itu berubah total dari model sebelumnya. Wajah Camry Hybrid model terbaru kini lebih sangar demi mengubah identitas Camry yang sebelumnya kalem menjadi lebih sangar.

Simak Video "Jokowi 'Terganjal' Kasus HAM, Ini Dalih Istana"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com