Minggu, 12 Agu 2018 19:28 WIB

Cerita Menlu Retno Marsudi Kecelakaan Motor Baru Sadar Keselamatan

Angling Adhitya Purbaya - detikOto
Menlu Retno Marsudi saat menceritakan pengalamannya naik motor. Foto: Angling Adhitya Purbaya Menlu Retno Marsudi saat menceritakan pengalamannya naik motor. Foto: Angling Adhitya Purbaya
Semarang - Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi bergabung dengan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi untuk kempanye keselamatan lalu lintas di Semarang. Retno pun berbagi pengalaman ia pernah mengalami kecelakaan saat berkendara motor.

Menlu menjadi salah satu pembicara dalam Dialog Nasional Pekan Keselamatan Jalan di PRPP Semarang. Selain Retno ada Menhub Budi Karya dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Dalam acara tersebut Retno bercerita ketika ia bersekolah di SMA Negeri 3 Semarang 37 tahun lalu. Saat itu berboncengan motor dengan adiknya dan menabrak mobil.


"Jadi 37 tahun lalu saya naik motor terakhir di Semarang. Goncengan dengan adik menabrak mobil dan lumayan waktu itu. Sejak saat itu saya berjanji berhati-hati," kata Retno, Minggu (12/8/2018).

Sejak saat itu Retno mengaku lebih berhati-hati dan memperhatikan keselamatannya saat berkendara motor. Ia pun membandingkan kenyamanan bermotor saat ini dan pada masanya dulu.

"Tadi malam mau naik motor keluar rumah, ditanya suami mau ke mana, saya jawab mau jajal (coba). Ternyata sekarang enak, duduk jalan tinggal gas dan rem (menggunakan motor matic)," pungkas Retno.

"Degan gampangnya itu, konsentrasi kita bisa lebih fokus lagi. Jadi mohon kalau naik motor hati-hati," imbuhnya.


Retno pagi tadi bahkan berkendara motor dari Bandara Ahmad Yani Semarang beriringan dengan Menhub menuju PRPP Semarang. Ia mengendarai Honda Beat dan berjaket sport dengan logo Asian Games.

Sementara itu Budi Karya Sumadi menyebut motor memang menjadi faktor terbesar kecelakaan lalulintas yaitu 72 persen. Ia pun mengimbau agar masyarakat memperhatikan keselamatan berkendara minimal mengurangi kecepatan.

"Mengurangi kecepatan 10 persen itu meningkatkan keselamatan 30 persen," kata Budi Karya.



Simak video Aksi Menhub dan Menlu Naik Motor di Semarang (alg/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed