Senin, 11 Jun 2018 11:25 WIB

Tiba di Singapura, Kim Jong Un Naik Mercy Lagi

Dina Rayanti - detikOto
Foto: REUTERS
Singapura -

[Gambas:Video 20detik]


Pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jon Un telah tiba di Singapura untuk bertemu dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Keduanya pun sudah tiba di Singapura dan dijadwalkan untuk bertemu esok hari, Selasa (12/6/2018). Kim Jong Un yang tiba lebih dulu dari Trump seperti dilansir dari Reuters, Senin (11/6/2018) menumpang mobil Mercedes yang mirip dengan Mercy yang mengantarnya saat melakukan pertemuan dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in April lalu.



Bedanya, iring-iringan mobil Kim bukanlah sang pengawal. Melainkan mobil layaknya pasukan pengaman presiden pada umumnya.

Seperti diketahui saat bertemu Moon Jae-in, para pengawal Kim ini berlari sembari mengiringi mobil Kim melintas ditambah dengan deretan mobil Mercy di belakangnya.


Mercedes yang mengiringi Kim kala itu pun didesain khusus. Mercy memiliki toilet agar Kim Jon Un tak perlu repot-repot mampir ke toilet di rumah warga.

"Daripada menggunakan toilet umum, pemimpin Korea Utara memiliki toilet pribadi yang mengikuti kemanapun ia pergi," ungkap seorang pengungsi Korea Utara yang pindah ke Korea Selatan Lee Yun-keol.

Memang isu soal toilet berjalan Kim itu didapat dari mereka yang pernah bekerja sebagai paspampres seperti Lee. Sempat pula dilansir oleh Daily NK, karena masalah keamanan maka mereka enggan menggunakan toilet sekalipun itu di rumah warga.

"Air seni bekas presiden itu memiliki informasi sangat penting terkait dengan status kesehatan presiden, jadi mereka tak bisa sembarangan," kata Lee.

Pasukan pengaman presiden Kim juga mencuri perhatian. Bukan mengendarai moge mereka justru berjalan kaki dan bergegas mengelilingi mobil Kim. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com