Rabu, 10 Okt 2018 13:17 WIB

Ototest

Harga Pertamax Naik, Ini Konsumsi BBM Honda Vario dan Yamaha Lexi

Rangga Rahadiansyah, Luthfi Anshori - detikOto
Honda Vario dan Yamaha Lexi 125 cc Foto: Rangga Rahadiansyah Honda Vario dan Yamaha Lexi 125 cc Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta - Dua pabrikan roda dua asal Jepang, Honda dan Yamaha menghadirkan pilihan motor skuter matik (skutik) bermesin 125 cc. Yamaha belum lama ini telah meluncurkan Lexi yang masuk dalam kategori skuter maxi dan menjadi adik dari Nmax. Honda juga telah memperbarui Honda Vario 125.

Berhubung Honda Vario dan Yamaha Lexi itu belum lama diluncurkan dan sama-sama berada di kelas skutik 125 cc, detikOto mencoba untuk melakukan komparasi. Tak tanggung-tanggung, komparasi kali ini dilakukan dengan mengajak riding kedua motor ini jarak jauh dari Jakarta hingga Geopark Ciletuh.

Perjalanan diawali dari kantor detikOto di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Selasa (9/10/2018) pagi. Selama perjalanan, kami juga sekaligus menghitung seberapa irit motor Honda Vario dan Yamaha Lexi tersebut jika diajak touring jarak jauh.



Ada dua etape yang kami lewati. Etape pertama melahap jalur Jakarta sampai Cicurug, Kab. Sukabumi. Jalurnya cukup beragam dan didominasi oleh tanjakan-tanjakan, juga bertemu beberapa titik kemacetan.

Kami menghitung konsumsi bahan bakar kedua motor ini pakai metode full to full. Pertama sebelum berangkat, bensin diisi penuh kemudian sampai tujuan diisi penuh lagi untuk mengetahui seberapa banyak bensin yang berkurang. Bahan bakar yang digunakan adalah bensin dengan RON 92. Cara berkendaranya bisa dibilang agresif dengan kecepatan maksimal 80 km/jam dan bukaan gas tak ditahan-tahan.



Hasilnya, rider pertama (berat badan 83 kg) yang menunggangi Yamaha Lexi menempuh jarak 70,5 kilometer. Selama menempuh jarak itu, bensin berkurang sebanyak 1,44 liter. Artinya, rata-rata konsumsi bahan bakar Yamaha Lexi selama 70,5 kilometer mencapai 48,95 km/liter. Sementara layar MID yang ada di motor Lexi menunjukkan konsumsi rata-rata BBM 48,3 km/liter.

Bagaimana dengan Vario 125? Honda Vario 125 yang ditunggangi rider 2 (berat badan 69 kg), menempuh jarak 70,3 km dalam etape 1 Jakarta-Cicurug. Selama menempuh jarak itu, bensin yang dihabiskan mencapai 1,40 liter. Artinya, konsumsi rata-rata BBM Honda Vario 125 selama etape pertama adalah 50,2 km/liter dengan metode full to full. Sementara layar MID menunjukkan rata-rata konsumsi BBM Vario 125 48,8 km/liter.



Kami kemudian melanjutkan perjalanan etape kedua dari Cicurug sampai Citarik, Pelabuhan Ratu, Sukabumi. Kami melakukan pertukaran rider. Rider 1 yang di etape 1 menunggangi Lexi berpindah mengendarai Vario 125, begitu juga sebaliknya. Jalur etape kedua ini lebih banyak tanjakan dan turunan dibanding jalur macet.

Hasilnya, rider 1 (berat badan 83 kg) yang menunggangi Vario 125 menempuh perjalanan 50,9 km. Selama menempuh perjalanan sejauh itu, Vario 125 hanya menghabiskan 0,92 liter bensin. Artinya, rata-rata konsumsi bahan bakar Vario 125 di etape 2 yang ditunggangi rider 1 mencapai 55,3 km/liter. Sementara layar MID menunjukkan angka konsumsi BBM rata-rata 55,2 km/liter, hanya beda tipis.

Yamaha Lexi yang ditunggangi rider 2 (berat badan 69 kg) menempuh jarak 51,1 km di etape 2. Selama perjalanan sejauh itu, bensin berkurang 1,06 liter. Hasilnya, konsumsi BBM rata-rata Lexi yang ditunggangi rider 2 dengan berat badan 69 kg mencapai 48,2 km/liter. Sementara MID Yamaha Lexi menunjukkan 54,2 km/liter.

Tenang. Komparasi ini belum berakhir. Rencananya, detikOto juga ingin menghitung konsumsi bahan bakar apalagi setelah harga Pertamax naik dalam perjalanan kembali ke Jakarta. Masih penasaran? Simak terus detikOto!



Tonton juga 'Melihat Langsung Performa Honda Vario Terbaru':

[Gambas:Video 20detik]

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed