ADVERTISEMENT

Subaru XV: Tak Ragu Menantang HR-V & CX-30

Hafizh Gemilang - detikOto
Minggu, 14 Agu 2022 09:38 WIB
Subaru XV
Setelah sebelumnya mereka menandai comeback dengan meluncurkan Forester, kini Subaru menghadirkan SUV kompak, Subaru XV.(Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto)
Jakarta -

Subaru kembali memanaskan pasar SUV tanah air. Setelah sebelumnya mereka menandai comeback dengan meluncurkan Forester, kini giliran SUV kompaknya yang bersinar.

Pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, Subaru resmi meluncurkan Subaru XV. Mobil ini bersaing langsung dengan Honda HR-V dan Mazda CX-30 di kelas SUV kompak. Seberapa menarik Subaru XV ini?

Subaru XVSubaru XV Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto

Subaru Forester Versi Kompak!

Subaru XV sejatinya lahir dari Subaru Impreza 5-door hatchback yang dibuat lebih 'tangguh'. Namun di generasi keduanya yang masuk ke Indonesia ini, lebih mudah untuk menilai mobil ini sebagai Forester versi kompak.

Kenapa demikian? Subaru XV mengusung mesin yang sama persis dengan Forester. Khas Subaru, mesinnya berkonfigurasi boxer 4-silinder.

Subaru XV mengusung mesin naturally aspirated berkapasitas 1.995 cc, yang figur tenaganya tembus 156 PS / 6.000 RPM dan torsi 196 Nm / 4.000 RPM.

Bak Forester, Subaru juga membekali dapur pacu XV ini dengan transmisi CVT Lineartronic yang menggerakkan semua rodanya. Tak tanggung-tanggung, fitur X-MODE pun dihadirkan ke XV ini.

Selain mesin yang sama dengan Forester, Subaru XV juga mengusung sasis Subaru Global Platform.

Rasanya mesin buas Forester dan fleksibelnya platform Subaru ini akan lebih asyik ketika dipasangkan di bodi mobil yang lebih kompak. Kami tak sabar mengetes mobil ini.

Subaru XVSubaru XV Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto

Desain Khas Subaru

Kami pernah bilang Subaru Forester punya desain yang cukup sederhana dan butuh waktu yang tak sebentar untuk mencintainya. Pun di XV ini.

Garis desain yang dibawa oleh XV generasi kedua model tahun 2022 ini rasanya bernada sama dengan Forester. Desainnya agresif, namun tetap ramah untuk keluarga.

Namun perlu diingat, dimensi XV ini lebih kompak ketimbang Forester. Panjang totalnya tak sampai 4,5 meter tepatnya 4.485 mm, lebarnya 1.800 mm, dan tingginya hanya 1.615 mm. Jarak sumbu roda Subaru XV 2.665 mm.

Dengan dimensi yang lebih kompak ini, tentu Subaru XV tak lebih akomodatif ketimbang Forester. Namun ketika kami masuk ke kabinnya, aura homy masih terasa dan XV ternyata cukup punya ruang yang lega.

Khas Subaru Forester pula, XV punya build quality kabin yang jempolan. Selain itu, Subaru XV juga hadir dengan berbagai layar panel instrumen yang intuitif dan menampilkan user interface yang atraktif.

Subaru XVSubaru XV Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto

Tak Ragu Melawan HR-V dan CX-30!

Seperti yang kami sebutkan di judul, Subaru XV ini rasanya tak ragu untuk menantang Honda HR-V dan Mazda CX-30.

Mengapa? Karena mobil ini hadir dengan mesin yang bertenaga, bertransmisi semua roda, dan fiturnya pun canggih.

Selain piawai di berbagai medan berkat mode berkendara X-MODE, mobil ini juga punya fitur keselamatan berbasis kamera yang disebut dengan EyeSight.

Melihat harga HR-V RS dan CX-30 di harga Rp 515 jutaan hingga Rp 528 jutaan, Subaru harusnya percaya diri untuk menjual XV ini.

Harga Subaru XV

Subaru XV 2.0i S Rp 449.500.000
Subaru XV 2.0i S EyeSight Rp 499.500.000



Simak Video "First Impression Subaru XV: SUV Kompak Paling Menarik di Kelasnya?"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT