Hyundai Creta dan HR-V Perlu Waspada, Chery Punya Tiggo 4 Pro untuk Indonesia

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Jumat, 28 Jan 2022 12:54 WIB
Chery Tiggo 4 Pro
Wujud Chery Tiggo 4 Pro yang akan dibawa Chery ke Indonesia Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Chery Motor Indonesia dipastikan akan membawa SUV kompaknya ke Indonesia, Chery Tiggo 4 Pro. Mobil ini adalah senjata utama Chery untuk mengganggu Hyundai Creta cs di kelas kompak SUV yang tengah panas. Mobil ini diperkenalkan ke awak media pada ajang Chery Media Lite Experience yang digelar pada Selasa hingga Kamis (25-27/1/22) silam.

Chery Tiggo 4 Pro hadir dengan desain yang modern nan sporty. Terlihat dari depan, grille yang disematkan oleh Chery berukuran cukup besar dan hadir dengan pola yang rapat-rapat. Grille-nya dikawal dengan lampu utama LED yang lengkap dengan lampu kabutnya.

Chery Tiggo 4 ProChery Tiggo 4 Pro Foto: Rengga Sancaya

Geser ke samping, terlihat dimensi dari Chery Tiggo 4 ini cukup compact. Chery Tiggo 4 Pro diplot untuk melawan Hyundai Creta cs. Secara dimensi, Tiggo 4 Pro hadir dengan panjang 4.358 mm, lebar 1.830 mm, dan tinggi 1.670 mm.

Sedangkan bagian belakangnya, hadir dengan desain yang lumayan ramai. Di bagian atas tampak ada spoiler berukuran kecil, lalu di tengahnya ada garnish chrome yang dijepit dengan lampu belakang LED. Selain itu, di bagian bawahnya terlihat ada aksen 'knalpot palsu' yang diklaim membuat tampilannya sporty.

Untuk urusan kaki-kaki, Chery Tiggo 4 Pro ini mengusung pelek palang 10 yang terlihat gagah dengan warna gunmetal grey. Pelek ini dibalut ban ukuran 215/60 R17. Satu hal yang menarik perhatian kami di bagian kaki-kakinya adalah kaliper rem Tiggo 4 Pro ini berbalut warna merah.

Sentuhan sporty juga dihadirkan Chery melalui aksen merah yang terdapat pada bagian bumper depan, side skirt, hingga bumper belakang. Selain itu, banyak pula sentuhan warna merah di bagian interior-nya.

Chery Tiggo 4 ProChery Tiggo 4 Pro Foto: Rengga Sancaya

Masuk ke dalam kabin belakangnya, aura lega langsung terasa. Hal ini disebabkan oleh Chery Tiggo 4 Pro memiliki jarak sumbu roda 2.630 mm. Dalam pengetesan kali ini, saya yang punya tinggi 175 cm mendapat ruang kaki tersisa lebih dari lima jari dan ruang kepala yang tersisa banyak.

Chery Tiggo 4 Pro hadir dengan sun roof di bagian depan yang membuat kabin depannya lebih terasa 'homey'. Selain itu, balutan kulit warna hitam dengan jahitan merah membuat suasana kabin terkesan mewah.

Area cockpit dari Tiggo 4 Pro ini yang paling bikin gagal fokus. Chery menyematkan instrumen kluster full digital yang atraktif dan juga informatif. Selain itu, Chery juga memberikan setir model flat bottom yang menguatkan kesan sporty-nya.

Untuk urusan hiburan, Tiggo 4 Pro mengandalkan headunit layar sentuh yang berukuran cukup besar. Terlihat headunit ini dapat disambungkan ke smartphone dan memiliki fitur Apple CarPlay hingga Android Auto.

Chery Tiggo 4 ProChery Tiggo 4 Pro Foto: Rengga Sancaya

Chery Tiggo 4 Pro ini dibekali dengan mesin 1.500 cc Turbo yang dikawinkan dengan transmisi CVT. Diklaim, figur tenaganya tembus 154 HP dan torsi 230 Nm.

Lalu fitur yang disematkan Chery ke Tiggo 4 Pro ini pun tergolong jempolan. Dalam sesi impresi pertama ini, unit Tiggo 4 Pro yang diperkenalkan ke media mengusung fitur Cruise Control, TPMS, Hill Start Assist hingga Hill Descent Assist.

Namun perlu diingat Chery Tiggo 4 Pro yang diperkenalkan ke media untuk pertama kali ini, belum pasti sama dengan yang akan dijual nantinya untuk pasar Indonesia. Pihak Chery mengatakan mereka masih mempelajari kebutuhan konsumen Indonesia dan juga harga yang tepat untuk Tiggo 4 Pro ini.



Simak Video "Invasi Mobil China Dimulai! Chery Luncurkan Tiga SUV untuk Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/din)