Ototest

First Drive Hyundai Creta: Mobil Rakitan Indonesia yang Terasa Mewahnya

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 18 Jan 2022 14:12 WIB
Hyundai Creta
Test drive Hyundai Creta. Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Jakarta -

Hyundai Motors Indonesia (HMID) mengajak awak media untuk mencoba produk terbaru mereka, Hyundai Creta, di area pabrik Hyundai, Cikarang, Bekasi (13/1/). Sebagai informasi, Hyundai Creta merupakan mobil rakitan pertama Hyundai di Indonesia. Begini kesan kami setelah kencan singkat bersama SUV Korea Selatan tersebut.

Desain

Hyundai Creta memiliki tampang sporty yang khas mirip-mirip dengan Hyundai Tucson. Hyundai menggunakan bahasa desain Parametric Jewel Grille pada Creta. Salah satu ciri khasnya lewat lampu DRL LED yang 'sembunyi' dan seakan terlihat menyatu dengan grille saat lampu DRL dimatikan.

Dari buritan samping, tampilan luar yang sporty juga dilengkapi 17-inch Diamond Cut Alloy Wheels. Kesan SUV juga dipertegas berkat penggunaan fender, serta lengkungan garis pada pillar C. Sementara ke buritan belakang, sudah dibekali High Mounted Stop Lamp (HMSL).

Secara keseluruhan, desain Hyundai Creta ini menawarkan kebaruan di jagat SUV kompak 5-seater. Sebab para kompetitornya, seperti Wuling Almaz dan Kia Seltos, mengusung tampilan fascia agresif dengan model lampu DRL yang menyipit.

Hyundai CretaHyundai Creta Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Interior

Masuk ke bagian dalam Creta, kesan mewah begitu terasa di mobil buatan Korea Selatan ini. Warna hitam yang menyelimuti door trim, serta dasbor juga menambah kesan elegan. Melirik ke bagian konsol tengah, tampak bersih karena sudah menggunakan Electronic Parking Brake (EPB) yang minimalis.

Oiya, unit yang kami coba adalah tipe tertinggi Creta, yakni Prime IVT Two Tone Roof. Kursinya terasa cukup empuk dan mantap diduduki, namun sayang, untuk pengaturan maju-mundur dan tingkat kerebahan joknya belum menggunakan elektrik.

Di varian tertinggi ini pengaturan setir bisa dilakukan secara tilt dan telescopic. Selain itu di area setir juga terdapat berbagai tombol untuk mengatur MID (Multi Information Display) dan layar infotainment 8 inci. Di belakang setir juga terdapat paddle shift untuk mensimulasikan perpindahan gigi manual.

Bicara soal panel MID, sudah sepenuhnya digital dengan ukuran 10,25 inci. Namun bisa diganti tampilannya menjadi seperti model analog. Kesan premium di mobil ini disempurnakan dengan aplikasi sound system dari BOSE yang memiliki 8 unit speaker.

Hyundai Creta resmi melantai di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. PT Hyundai Motors Indonesia menargetkan SUV ini bisa menjadi pemimpin di kelasnya.Hyundai Creta Foto: Grandyos Zafna

Blulink Connect

Ini merupakan salah satu fitur unggulan Hyundai Creta. Bluelink Connect adalah sebuah teknologi konektivitas yang memberikan akses kepada pengguna untuk terhubung dengan Creta miliknya melalui smartphone.

Pemilik Hyundai Creta bisa mengakses teknologi canggih seperti Stolen Vehicle Tracking & Stolen Vehicle Immobilization, yaitu fitur yang akan beroperasi pada saat terjadinya percobaan pencurian kendaraan dengan cara mengirimkan notifikasi ke smartphone pelanggan dan menghentikan mobilisasi kendaraan secara total pada saat pelanggan menghubungi Call Center.

Selain itu, ada pula Valet Parking Mode, yaitu sebuah fitur yang akan mengunci atau menutup akses terhadap semua pengoperasian sistem infotainment pada saat mobil sedang mendapatkan layanan parkir valet. Fitur Bluelink Connect ini tersedia pada varian Trend, Style, dan Prime.

Beberapa fitur fungsional lain dari Bluelink Connect ini adalah bisa menyalakan mesin dan AC hanya dari genggaman smartphone. Oiya, karena terkoneksi dengan sinyal internet, maka untuk mengoperasikan Bluelink Connect harus menggunakan sim card yang ditanam di mobil.

Hyundai CretaBluelink Connect Hyundai Creta Foto: Luthfi Anshori/detikOto

[Halaman selanjutnya: Rasa berkendara, bantingan suspensi, dan kekedapan kabin Hyundai Creta]

Simak juga Video: Laris Manis! 2 Bulan Mengaspal, Hyundai Creta Dipesan 1.200 Unit

[Gambas:Video 20detik]