Hyundai Staria Versi Mobil Niaga Akankah Dibawa ke Indonesia?

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 17 Jan 2022 08:42 WIB
Hyundai Staria versi mobil angkutan barang
Hyundai Staria versi kendaraan niaga. Foto: Dok. Hyundai Eropa
Jakarta -

Hyundai Staria tak hanya dipasarkan dalam bentuk MPV premium. Hyundai Staria juga dipasarkan dalam versi kendaraan niaga dengan nama Staria Load. Versi niaga Staria itu bahkan sudah dipasarkan di Australia. Apakah model ini juga akan dipasarkan di Indonesia?

Hyundai Staria Load resmi dipasarkan di Australia sejak bulan September 2021. Dibandingkan dengan versi premiumnya, Staria Load dipasarkan dengan harga jauh lebih murah, yakni mulai 45.740 AUD atau setara dengan Rp 473,8 juta.

Melihat kemungkinannya dipasarkan di Tanah Air, Hyundai Indonesia belum memiliki rencana untuk memasarkan Staria Load di Indonesia. Sebab meski basic-nya sama, Hyundai Staria versi penumpang dan komersial memiliki pengembangan dan beberapa komponen yang berbeda. Selain itu, kelas Staria versi penumpang dan komersial juga jauh berbeda.

Hyundai Staria versi mobil angkutan barangHyundai Staria versi mobil angkutan barang Foto: Dok. Hyundai Eropa

"Nggak ya. Kita sama sekali nggak tertarik. Memang betul ada versi niaganya di global, tapi memang di Indonesia kita tidak ada rencana memasukannya. Karena itu totally different class (kelasnya berbeda total). Staria yang dijual di sini (Indonesia) sama yang versi komersial, itu beda development-nya, baik itu suspensi dan sebagainya," kata Erwin Djajadiputra, selaku Sales Director PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), di Cikarang, beberapa waktu lalu.

Bicara spesifikasi, Hyundai Staria Load mendapatkan kelengkapan yang kurang lebih sama dengan versi MPV-nya. Mulai panel layar sentuh ukuran 10,25 inci, Electronic Parking Brake, Shift-by-Wire, USB, Wireless Charging, dan tombol Start/Stop.

Mobil ini juga mendapat beragam fitur keamanan canggih seperti Lane Following Assist (LFA), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), serta Highway Driving Assist (HDA).

Hyundai Staria versi mobil angkutan barangHyundai Staria versi mobil angkutan barang Foto: Dok. Hyundai Eropa

Kemudian masih ada fitur Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA), Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), Blind-Spot Collision-Avoidance Warning (BCW), Safe Exit Assist (SEA), termasuk fitur Smart Power Tailgate dan aksesibilitas forklift.

Staria versi kendaraan niaga ini bisa mengangkut beban lebih dari 2,5 ton. Adapun ruang kargo bertambah panjang menjadi 2.607 mm, di model minibus panjang ruang bagasinya 2.375 mm. Selain itu bukaan pintu samping juga dibuat lebih lebar untuk mempermudah akses masuk-keluar.

Sebagai catatan, pelanggan di Australia boleh membeli Hyundai Staria Load dengan konfigurasi 2 atau 5 tempat duduk, dengan pilihan pintu belakang tipe liftback-back atau twin swing.

Hyundai Staria Load dua tempat duduk ditawarkan mulai harga AUD 45.740 (Rp 473,8 juta). Sedangkan untuk varian lima tempat duduk dijual mulai AUD 48.240 atau setara dengan Rp 499,7 juta.

Sekadar perbandingan dengan Hyundai Staria versi MPV premium, di Indonesia model itu dibanderol mulai Rp 888 juta untuk versi Signature 9, dan Rp 1,020 miliar untuk varian Signature 7. Harganya lebih mahal dua kali lipat dari versi kendaraan niaganya.

(lua/rgr)