Uji Performa Jeep Compass: Mesinnya Jempolan, Transmisinya Bikin Geregetan

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Sabtu, 15 Jan 2022 07:16 WIB
Jakarta -

Jeep Compass versi terbaru sudah masuk ke Indonesia secara resmi sejak akhir 2021. Adapun tipe Jeep Compass yang masuk ke Indonesia adalah tipe Limited, dengan penggerak 4x2 dan hanya satu pilihan mesin.

Mesin yang dipakai Compass terbaru ini adalah mesin bensin 1.400 cc turbo. Mesin 4 silinder segaris ini, diklaim mampu mengeluarkan tenaga sebesar 163 HP dan torsi 250 Nm.

New Jeep Compass telah mengaspal di Indonesia sejak 1 Desember 2021 lalu. Yuk kita rasakan performanya.Mesin 1.400 cc turbo ditanamkan oleh Jeep ke Compass Foto: Grandyos Zafna

Dengan figur tenaga sebesar itu, Jeep Compass tentu percaya diri untuk menghadapi rival sekelasnya yakni BMW X1 yang punya output lebih rendah dan Mercy GLA 200 yang output-nya setara.

Setelah pengetesan selama beberapa hari, menurut kami tenaga yang dapat dihasilkan oleh mesin Compass ini pun sangat cukup. Ketika butuh untuk mengejar sesuatu, tinggal bejek gas lebih dalam dan tenaga buas akan keluar dari mesinnya.

Namun sayang, tenaganya ini disalurkan dengan kurang spontan oleh transmisinya. Meski menggunakan transmisi dual clutch 7-percepatan atau yang Jeep sebut dengan DCCT, nyatanya transmisi Jeep ini lumayan bikin gregetan ketika stop n go atau di putaran rendah.

Dari pengetesan yang kami lakukan, tenaga mesinnya ini sangat asyik saat bermain di putaran tengah ke atas. Sedangkan saat launch atau mulai berlari, terasa lebih lemot. Hal ini ternyata diamini oleh pihak DAS Indonesia Motor selaku APM dari Jeep di Indonesia.

Jeep CompassInterior dari Jeep Compass Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

"Untuk launch saat di awal memang karakternya seperti itu. Dengan tipe transmisi dual clutch, torsi tenaganya disalurkan secara maksimal mulai di putaran tengah dan akhir. Jadi memang cenderung lambat saat start awal," papar Hendra Subekti, After Sales PT. DAS Indonesia Motor kepada detikOto.

Selain itu, alih-alih hadir dengan penggerak 4 roda khas Jeep, Compass justru hadir dengan penggerak roda depan. Hal ini yang menurut kami mengurangi jati diri Jeep-nya. Meski pada akhirnya, secara kenyamanan berkendara tetap mumpuni dan secara harga pun jelas lebih terjangkau.

Dari pengetesan yang kami lakukan juga, Jeep Compass hadir dengan efisiensi bahan bakar yang cukup baik. Tercatat, untuk rute dalam kota dengan kecepatan rata-rata 25 km per jam, Jeep Compass mampu mencatatkan angka konsumsi bensin di 10,9 km per liter.

Sedangkan untuk rute luar tol, dengan kecepatan rata-rata 90 km per jam, Jeep Compass mampu mencatatkan konsumsi bensin di angka 16,9 km per liter. Hasil ini tergolong cukup impresif mengingat mobil ini punya karakter yang kurang responsif di putaran bawah.

Jeep CompassJeep Compass Foto: Muhammad Hafizh Gemilang


Simak Video "Jajal SUV Termurah yang Saat Ini Dijual di Indonesia, Jeep Compass"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/din)