Jajal Trek Terjal Bareng Toyota All New Avanza: Kuat Nanjak, Tapi Lebih Enak dari Veloz?

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Rabu, 08 Des 2021 18:08 WIB
Toyota All New Avanza Journalist Test Drive Bali
Wujud Toyota All New Avanza yang dites oleh detikOto di Bali Foto: Muhammad Hafizh Gemilang
Jakarta -

Di hari kedua (8/12/21) gelaran Journalist Test Drive All New Avanza dan All New Veloz yang diadakan Toyota Astra Motor di Pulau Bali, detikOto kebagian menjajal Toyota All New Avanza.

Avanza yang kami gunakan kali ini adalah yang tipe tertinggi namun tanpa TSS, alias Toyota Avanza 1.5 G CVT. Perjalanan dimulai dari penginapan di bilangan Ungasan menuju daerah Kintamani lalu ke Ubud. Trek yang tepat untuk menguji konfigurasi FWD yang ditanamkan Toyota ke All New Avanza ini.

Sama halnya dengan Veloz yang kemarin kami tes, All New Avanza pun tak kesulitan untuk melahap jalan menanjak dan berliku. Meski medan yang dilewati cukup terjal dan mobil diisi empat orang dewasa dengan barang, Avanza melaju dengan santai saja.

Toyota All New Avanza Journalist Test Drive BaliToyota All New Avanza Journalist Test Drive Bali Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Namun penyaluran tenaga mesin dengan transmisinya tergolong kurang pas untuk jalan menanjak. Khas CVT, penyaluran tenganya smooth dan kurang 'meledak' di tarikan bawah. Sehingga ketika harus berhenti di tanjakan, untuk kembali jalan, mesin harus meraung cukup tinggi di putaran 3.000 RPM.

Satu hal yang juga tidak kalah bikin 'greget' adalah absennya PWR mode di Avanza. Tak seperti Veloz, ketika kita butuh tenaga yang lebih responsif, Avanza masih harus mengandalkan transmisi S dengan menggeser tuas shifter dari D ke samping kanannya.

Selebihnya, untuk sektor mesin All New Avanza yang kami tes ini, terasa identik dengan All New Veloz. Tak heran, karena dapur pacunya sama persis. Di atas kertas, memberikan mesin 4 silinder 16 katup DOHC dengan teknologi Dual VVT-i. Kapasitasnya 1,496 cc dan Toyota mengklaim mesin ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 106 PS di putaran mesin 6.000 RPM dan torsi 138 Nm di 4.200 RPM.

[Halaman berikutnya: Lebih enak dari Veloz?]