Honda Civic RS: Tampilannya Makin Dewasa, Fiturnya Tak Seperti Honda Biasa

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Minggu, 07 Nov 2021 07:43 WIB
Jakarta -

Salah satu model legendaris Honda akhirnya datang dalam generasi terbarunya ke Indonesia. Honda All New Civic ini sebenarnya secara global sudah meluncur sejak pertengahan tahun dan tanpa menunggu lama, Honda Prospect Motor (HPM) selaku APM dari merek Honda mendatangkan sedan baru ini ke Indonesia.

Kali ini, detikOto diundang oleh HPM untuk melihat langsung wujud sedan terbaru mereka. Kira-kira apa saja yang berubah dari Civic terbaru ini, apa saja kecanggihan yang ditawarkan, serta seperti apa impresi pertama kami terhadap Honda All New Civic RS ini? Simak ulasan kali ini!

Honda All New Civic RSHonda All New Civic RS Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Tampilan Luarnya Makin Dewasa

HPM hanya memasukkan satu jenis Honda All New Civic ke Indonesia, yaitu trim RS. Tentu sebagai sebuah 'RS', Honda All New Civic hadir dengan aura yang serba sporty. Tak heran, banyak sekali aksen berwarna hitam di mobil ini.

Dari depan, tampilan muka dari Civic ini terasa makin dewasa. Tidak banyak tarikan garis yang meruncing, malah Honda memberikan garis desain yang terasa kaku di Civic ini. Menurut kami, tampilan depan ini jadi lebih 'pesek' namun ini yang membuatnya jadi dewasa.

Di depan pula, model grille-nya tidak terlalu besar dan juga diapit oleh dua buah lampu LED yang desainnya menyipit. Honda juga menyematkan model bumper depan yang sporty, apalagi karena kelirnya berwarna hitam doff.

Secara umum, dari depan Honda All New Civic RS ini punya tampilan yang sangat berbeda dari Civic sebelumnya. Menurut kami, bukan tidak mungkin ini akan menjadi bahasa desain Honda ke depannya. Karena tampilan depan Civic terbaru ini, seperti ada 'hint' Honda Fit terbaru di pasar Jepang.

Geser ke samping, Honda All New Civic RS ini hadir lebih dinamis dan juga sporty ketimbang tampak depannya. Tarikan garis tegas di bagian sampingnya, hadirnya side skirt, serta penggunaan pelek alloy ukuran 17 inci berwarna hitam lah yang menurut kami membuat tampilannya sangat sporty.

Dari samping, Honda All New Civic RS ini tampak lebih panjang ketimbang Civic generasi sebelumnya. Ternyata tak hanya pandangan mata saja, di atas kertas dimensi Civic terbaru ini memang lebih panjang 30 mm dari yang lama. Sehingga jarak sumbu roda pun kian memanjang. Dimensi panjang dari All New Civic RS ini adalah 4.676 mm, lebarnya 1.802 mm dan tingginya masih sama dengan yang lama, yaitu di 1.415 mm.

Sebelum geser ke belakang, yang menarik dari samping sini adalah di bagian pilar C-nya. Honda All New Civic RS ini terasa seperti sebuah mobil liftback. Garis desain yang khas mobil sedan atau saloon rasanya tidak terlihat di bagian pilar paling belakangnya. Namun itu hanya desain, karena metode pembukaan bagasinya tak sampai mengangkat jendela belakang.

Lanjut ke belakang, lagi-lagi All New Civic RS ini memang 'RS' banget. Honda menyematkan spoiler berwarna hitam yang ukurannya tergolong sedang. Lalu yang menurut kami menarik adalah Honda rasanya ingin membawa bahasa desain stop lamp baru, yang menurut kami sangat pas dipasangkan di All New Civic RS ini. Selain itu, masih dari belakang, penggunaan model knalpot dua buah seperti ini, kian menguatkan kesan sporty dari Honda All New Civic RS.

Honda All New Civic RSHonda All New Civic RS Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Mumpung di belakang, kita intip bagasinya. Sebagai sedan, tentu akomodasi di bagian bagasinya tak terlalu fleksibel. Namun di Civic generasi terbaru ini, kita dapat menarik tuas di bagasi untuk melipat jok belakangnya. Sehingga, meski tak rata, kapasitas bagasi jadi bertambah lega.

Secara umum, seperti yang kami bilang di awal, Honda All New Civic RS ini hadir dengan tampilan yang sangat dewasa dan beda dari yang lama. Menurut kami, bagi pecinta Civic lama yang mendambakan model Civic yang sangat sporty, rasanya perlu segera move on dan perlahan mulai mencintai model Civic terbaru ini.

[Halaman berikutnya: Tampilan Interior serta Fitur Canggih di Honda All New Civic RS]