Mercedes-AMG GLA 35 4MATIC: Paket Lengkap SUV yang Asyik Dibawa Touring sampai Racing

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Kamis, 14 Okt 2021 10:04 WIB
Jakarta -

Mercedes-Benz Indonesia tidak hanya meluncurkan satu, melainkan dua unit AMG termurah yang saat ini mereka jual. Selain ada Mercedes-AMG A 35 4MATIC Sedan, mereka juga menghadirkan SUV AMG termurah yakni Mercedes-AMG GLA 35 4MATIC.

Mercedes-Benz mengajak detikOto untuk melihat langsung wujud dari Mercedes-AMG GLA 35 4MATIC pada ajang She's Mercedes Studio pada Rabu (13/10/21) ini. Bagaimana impresi kami terhadap SUV AMG termurah yang saat ini mereka dijual di Indonesia ini? Simak ulasan kami!

Mercedes-AMG GLA 35 4MATICMercedes-AMG GLA 35 4MATIC Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Desain Menawan Nan Sporty

Dalam versi yang tidak diberikan sentuhan AMG, GLA sejatinya hadir sebagai compact SUV yang menawan. Namun dengan campur-tangan AMG, GLA ini dibuat lebih sporty.

Dari depan, grille-nya kini menggunakan model panamerica yang menambah kesan maskulin GLA ini. Lalu sejumlah tarikan desain tajam, juga membuat kesan mobil ini kian sangar.

Geser ke samping, terlihat banyak kisi-kisi di saluran masuk udara yang membuat mobil ini terasa sangat berorientasi kepada performa. Lalu, dari samping juga terlihat penggunaan pelek dengan desain 5-twin-spoke 19 inci membuat kaki-kakinya tampak berotot.

Sama halnya dengan AMG A 35 4MATIC Sedan, perangkat pengereman di GLA 35 4MATIC ini pun diracik oleh AMG, sehingga sangat baik dalam mengimbangi mesinnya yang buas.

Mercedes-AMG GLA 35 4MATICMercedes-AMG GLA 35 4MATIC Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Lalu dari belakang, AMG GLA 35 4MATIC ini hadir dengan spolier yang pesek di atap maupun di bawah, sehingga membuat tampilannya kian sporty dan tampak mengejar aerodinamika yang lebih baik.

Masuk ke kabin penumpangnya, jelas AMG GLA 35 4MATIC ini lebih terasa lega dibanding A 35 4MATIC Sedan. Dengan tinggi saya yang 175 cm, kaki terasa punya ruang yang lega untuk beristirahat dan ruang kepala pun terasa cukup.

Namun, dengan hadirnya panoramic roof yang terbentang luas sampai belakang, posisi plafon jadi lebih rendah dan rasanya untuk penumpang yang punya tinggi di atas 185 cm, akan dapat ruang kepala yang sedikit.

Beda dari yang versi Sedan, AMG GLA 35 4MATIC ini dipangkas blower AC untuk penumpang belakangnya dan konsol tengah hanya menyisakan kompartemen terbuka untuk menyimpan barang kecil dan juga colokan USB Type-C.

Mercedes-AMG GLA 35 4MATICMercedes-AMG GLA 35 4MATIC Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Geser ke bangku pengemudinya, khas SUV posisi mengemudi GLA 35 4MATIC ini pun cukup tinggi. Namun untuk menunjang ergonomis, jok serta setir dapat diatur dengan leluasa.

Selain itu, untuk memanjakan pandangan, layaknya AMG A 35 4MATIC Sedan, Mercedes memberikan layar instrumen kluster yang seakan menyatu dengan layar multimedianya. Layar multimedia ini sudah dibekali dengan sistem multimedia canggih MBUX. Sehingga tak hanya enak dipandang, namun juga menyenangkan untuk dikontrol.

Sama dengan AMG A 35 4MATIC Sedan, layar 'mode AMG' yang hadir di layar instrumen kluster serta layar multimedianya. Mode AMG ini akan menampilkan besaran tenaga yang keluar hingga informasi tentang mesin atau performa lainnya yang bikin kita serasa di mobil balap.

[Halaman selanjutnya: Spesifikasi Mesin dan Harga Mercedes-AMG GLA 35 4MATIC]