Akhirnya Mercy Produksi Truk Listrik yang Sanggup Jalan Jakarta-Pekalongan

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Senin, 11 Okt 2021 21:41 WIB
Truk listrik Mercedes-Benz eActros
Wujud truk listrik Mercedes-Benz eActros Foto: Daimler Trucks and Buses
Jakarta -

Mercedes-Benz tercatat sudah meluncurkan truk listrik eActros sejak akhir Juni 2021 lalu. Kini pabrikan asal Jerman ini dikabarkan per Kamis (7/10/21) lalu secara resmi sudah memproduksi truk listrik yang dapat melaju hingga 400 km dalam kapasitas baterai penuh.

Dijelaskan truk listrik ini diproduksi di Future Truck Center yang terletak di Worth, Jerman. Menurut Mercedes-Benz, ke depannya setiap produksi truk yang bebas emisi CO2 akan dilakukan di Future Truck Center.

"Hari ini merupakan hari pertama kami memproduksi eActros, yang juga menjadi bukti akan keseriusan kami melahirkan transportasi massa yang bebas emisi CO2," ujar papar Karin Rastroem, Member of the Board of Management of Daimler Truck AG lewat rilis resminya.

Truk listrik Mercedes-Benz eActrosTruk listrik Mercedes-Benz eActros Foto: Daimler Trucks and Buses

"eActros merupakan truk listrik pertama kamu dan ini menjadi langkah awal kami dan untuk konsumen kami mengendarai kendaraan bebas emisi. Dan kendaraan ini menjadi penting untuk pabrik kami yang berada di Worth dan ini menjadi orentasi jangka panjang kami, karena masa depan tuk Mercedes-Benz diawali hari ini. Kami juga berniat untuk menambah produksi truk listrik kmai di Worth plant (pabrik yang berada di Worth)," Karin menambahkan

Dengan diproduksinya eActros, Mercedes-Benz juga mengatakan bahwa truk listrik ini sudah dapat dipesan. Namun, saat ini dikhususkan bagi para kustomer mereka yang pernah mencoba eActros sejak 2018 hingga 1 Oktober.

"Pelanggan yang telah menguji eActros sejak musim gugur 2018 hingga 1 Oktober, mereka dapat memesan eActros," tulis mereka.

"Pada tahap pertama, model seri eActros akan tersedia di Jerman, Austria, Swiss, Italia, Spanyol, Prancis, Belanda, Belgia, Inggris Raya, Denmark, Norwegia, dan Swedia. Pasar lain akan menyusul," tulis Daimler AG di rilis resminya.

Sebagai informasi, eActros ditenagai penggerak dua motor listrik terintegrasi bersama dengan transmisi dua kecepatan. Kedua motor listrik ini memberikan kenyamanan berkendara.

Bergantung pada versinya, eActros mendapatkan dayanya dari tiga atau empat paket baterai masing-masing berkapasitas sekitar 105 kWh. Berkat kapasitas maksimum 420 kWh2, jangkauan truk ini hingga 400 kilometer atau hampir sama dengan detikers melintas jalur darat Jakarta (Jalan Capt. Tendean Jakarta Selatan) sampai Pekalongan (alun-alun Jatayu Pekalongan) melalui tol Cipali. eActros dapat diisi hingga 160 kW, saat terhubung ke stasiun pengisian 400A DC, ketiga paket baterai perlu waktu lebih dari 1 jam untuk mengisi daya dari 20 hingga 80 persen.



Simak Video "Terungkap! Ini Penyebab Pengemudi Mercy Lawan Arah di Tol JORR"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/lth)