Volvo Pamer Truk Listrik yang Tak Perlu Pakai Sopir

M Luthfi Andika - detikOto
Rabu, 06 Okt 2021 14:56 WIB
Volvo listrik dan autonomous
Volvo Truk listrik dan autonomous Foto: Pool (volvo/motortrend)
Jakarta -

Volvo sudah punya nama besar di industri kendaraan komersial. Kini mereka kembali menunjukkan keunggulannya dengan memperkenalkan prototipe truk masa depan yang bakal berbekal listrik dan autonomous alias bisa berkendara sendiri.

Dikutip motortrend, bicara soal transportasi di masa depan pastinya tidak akan pernah lepas dari dua kata yakni listrik dan autonomous, hal ini juga berlaku untuk kendaraan komersial. Semuanya dilakukan untuk bisa benar-benar mewujudkan efisiensi dalam beraktivitas, selain bicara soal keselamatan berkendara, infrastuktur, biaya dan kelayakan kendaraan.

Kini Volvo Autonomous Solutions bekerjsama dengan perusahaan bernama Aurora memperkenalkan prototipe truk listrik dan otonom. Truk ini dibangun dari salah satu andalan truk Volvo yakni VNL Model (VNL 760).

Volvo listrik dan autonomousVolvo listrik dan autonomous Foto: Pool (volvo/motortrend)

VNL Model merupakan salah satu truk yang telah memiliki teknologi serta faktor keamanan paling modern. Di antaranya memiliki fitir Volvo Dynamic Steering (VDS) dan Automated transmission (I-Shift) yang dikawinkan dengan teknologi Aurora Driver Technology.

Akan tetapi tidak dijelaskan lagi seberapa tangguh truk ini bakal berlari, namun Volvo bersama Aurora sudah memperlihatkan truk otonom mereka, dan masih terus mencari formula untuk memenuhi kebutuhan pengendara. Meski demikian, perjalanan truk otonom Volvo ini dinilai masih lama karena berbagai persiapan memang harus dilakukan untuk mewujudkannya.



Simak Video "Bukan Volvo B11R, Ini Bus dengan Tenaga Terbesar di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)