Ini Logo Baru Volvo, Lebih Minimalis dan Sederhana

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 25 Sep 2021 12:25 WIB
Logo Volvo
Logo baru Volvo (Volvocars.com)
Jakarta -

Volvo secara resmi telah memperbarui logo perusahaan. Tetap mengusung lingkaran dengan tulisan Volvo di tengahnya, logo baru ini jauh lebih sederhana dan punya kesan minimalis yang kuat.

Logo tanda besi atau Iron Mark khas Volvo dirancang dengan tampilan 2D sederhana berkelir hitam. Berbeda dari logo Volvo sebelumnya yang mengusung desain 3D dengan warna silver pada lingkaran dan kelir biru pada tulisan Volvo di tengahnya.

Hadirnya logo baru ini juga sudah diunggah dalam laman resmi Volvo. Namun, perusahaan asal Swedia ini belum menggantinya dengan yang baru dan masih menggunakan logo lama.

Dikutip dari Paultan, belum ada konfirmasi resmi dari Volvo kapan logo tersebut mulai digunakan pada sejumlah kendaraan dan dealer resminya. Akan tetapi, logo ini diprediksi baru akan digunakan pada tahun 2023, jadi sekarang ini mobil yang dijual Volvo masih menggunakan logo khasnya berwarna silver.

Sebagai informasi, Volvo telah menggunakan logo khas tanda besi atau Iron Mark sejak tahun 1930. Volvo sendiri sempat melakukan sejumlah perubahan pada logonya dalam beberapa tahun terakhir.

Sementara itu, logo yang saat ini digunakan sudah dipakai sejak tahun 2000. Tampilan logo ini juga jadi ciri khas Volvo selama bertahun-tahun karena menghadirkan efek 3D dari simbol Iron Mark berkelir silver dan huruf Volvo berwarna biru.

Logo Volvo sebenarnya merupakan simbol dari kimia kuno untuk besi. Pendiri Volvo, yakni Assar Gabrielsson dan Gustaf Larson terinspirasi saat mereka masih bekerja di sebuah perusahaan baja di Swedia.

Logo ini dibuat sebagai bentuk citra perusahaan yang kuat terhadap kendaraan Volvo. Tanda besi atau Iron Mark memiliki makna dalam mewakili kekuatan, keamanan, dan daya tahan soal mobil yang diproduksi. Sementara warna silver mewakili kesempurnaan dan kehalusan, lalu warna biru yang terdapat pada tulisan "Volvo" menggambarkan kebijaksanaan dan keandalan.

Tidak hanya Volvo saja yang memperbarui logo perusahaan, sejumlah produsen otomotif lainnya juga melakukan hal yang sama dalam 18 bulan terakhir. Perusahaan tersebut seperti Volkswagen, BMW, Nissan, Renault, Peugeot, dan Kia.



Simak Video "Bukan Volvo B11R, Ini Bus dengan Tenaga Terbesar di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)