First Impression Audi RS 4 Avant: Ngakunya Family Car tapi Mesinnya Sangar

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Minggu, 26 Sep 2021 12:08 WIB
1.

First Impression Audi RS 4 Avant: Ngakunya Family Car tapi Mesinnya Sangar

Jakarta -

Audi baru merilis salah satu mobil station wagon-nya ke Indonesia dan detikOto diajak untuk melihat langsung wujudnya yang dipamerkan di Showroom Audi pada Selasa (21/9/21) kemarin. Kayak apa wujudnya? Simak ulasan kami soal Audi RS 4 Avant kali ini!

Eh! Sebelum kita bahas soal mobilnya, kita omongin dulu penamaan mobil station wagon yang sangat beragam di dunia ini. Ada yang menyebut mobil ini dengan Touring, Estate, T Model, Shooting Brake, dan Audi memilih menggunakan Avant.

Saat ini, melihat dari kanal resmi Audi Jerman, model Avant-nya Audi ini total ada delapan model. Namun di Indonesia, hanya ada model RS 4 Avant yang masuk secara resmi.

Memang pasar otomotif Indonesia rasanya sangat suka dengan mobil station wagon seperti ini. Lihat saja, tidak cuma wagon dari pabrikan Eropa yang laris manis kalau masuk ke Indonesia, tapi dari Jepang pun juga.

Tak heran kalau Audi RS 4 Avant ini, sudah ada yang mengaspal di jalanan Indonesia bahkan sejak beberapa hari dari peluncurannya. Unit yang ditunjukkan ke detikOto di kesempatan kali ini pun, konon pesanan orang. Makanya ada beberapa opsi yang ditambahkan dan membuatnya bukan versi basic.

Audi RS 4 Avant diperkenalkan untuk pasar IndonesiaWujud Audi RS 4 Avant yang diperkenalkan untuk pasar Indonesia Foto: APHIT McKlein/Audi


Desainnya Abadi

Mobil dengan jenis bodi station wagon memang cenderung model yang 'dewasa'. Secara umum, desainnya seperti ini sudah ada sejak lama sekali dan cenderung pas jadi koleksi.

Audi RS 4 Avant yang datang ke Indonesia, masih dengan bodi generasi B9 namun mendapat facelift yang tergolong masif. Tampak depannya, kini makin modern berkat grille model single frame yang khas dengan bahasa desain Audi kekinian.

Belum lagi, di depan juga keliatan 'bengis' dan sangat sporty. Banyak lekuk meruncing dan aksen lubang yang hadir di sekujur mukanya. Lalu untuk lampu pun kian canggih berkat LED Matrix dan DRL yang khas Audi.

Sedangkan dari samping, garis desain station wagon-nya jelas terlihat. Namun yang khas RS 4 Avant adalah lekuk dan garis desain di sekujur bodi sampingnya.

Dalam versi basic, Audi menyematkan pelek forged alloy berukuran 19 inci yang dibalut dengan ban 265/35. Sedangkan untuk model yang kami lihat ini, sudah 'upgrade' ke pelek ukuran 20 inci yang dibalut dengan ban 275/30.

Geser ke belakang, barulah wujud mobil keluarganya terasa. Meski hadir dengan sentuhan desain yang sangat sporty, hadirnya bagasi yang lega khas mobil station wagon ini jelas membuat RS4 Avant pas untuk dipakai perjalan keluarga yang membutuhkan akomodasi besar.

Eh! Dari belakang juga terlihat model knalpot gandanya yang pipih. Namun bukan desain knalpotnya yang bikin gagal fokus, melainkan adanya 'flaps' atau katup di dalam knalpotnya, yang membuat suara mesinnya bisa diatur. Yuk kita lanjut bahas mesinnya yah!