Bedah Fitur Hyundai Santa Fe 2021 Signature: Mewah, Lengkap dan Anti Celaka

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Minggu, 01 Agu 2021 11:13 WIB
Hyundai Santa Fe 2021 Signature
Ilustrasi konsol tengah Hyundai Santa Fe 2021 Signature Foto: Muhammad Hafizh Gemilang
Jakarta -

Hyundai Santa Fe 2021 hadir sebagai SUV dari Korea Selatan yang harus bertarung melawan dominasi SUV Jepang seperti Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport.

Untuk kelas tertingginya, Santa Fe 2021 tipe Signature bermesin bensin dibanderol Rp 678 Juta, sedangkan untuk yang mesin diesel dibanderol Rp 729 Juta.

Santa Fe 2021 tipe Signature ini, hadir dengan fitur canggih bertajuk Hyundai Smart Sense. Dengan hadirnya fitur ini, pengemudi Santa Fe 2021 dapat terhindar dari tabrakan depan ataupun belakang.

Hyundai Santa Fe 2021 SignatureHyundai Santa Fe 2021 Signature Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Fitur Hyundai Smart Sense ini sebenarnya pernah detikOto ulas saat membahas Hyundai Kona Electric 2021. Fitur ini merangkum segudang fitur canggih yang intinya menjaga keselamatan mobil ini agar terhindar dari kecelakaan.

Namun, di Santa Fe 2021 ini ada satu fitur yang menurut kami paling bermanfaat, yaitu hadirnya kamera di sekeliling mobil ini yang langsung terkoneksi ke layar tengah. Fitur ini disebut Hyundai dengan Surround View Monitor (SVM).

Dengan adanya fitur ini, membawa Hyundai Santa Fe 2021 ke parkiran yang sempit atau sulit sekalipun, rasanya akan lebih mudah.

Selain itu, fitur kamera ini juga berfungsi dan akan tampil ketika kita menggunakan sein. Tampilan sekitar akan terlihat di layar instrumen klusternya.

Fitur cruise control juga hadir di Santa Fe 2021 ini. Walaupun belum adaptive seperti fitur yang diberikan Hyundai di Kona Electric 2021 versi global, tapi hadirnya cruise control di Santa Fe 2021 ini juga terasa menyenangkan, apalagi ketika melalui jalan tanpa hambatan yang panjang.

Cruise Control di Hyundai Santa Fe 2021 SignatureCruise Control di Hyundai Santa Fe 2021 Signature Foto: 20Detik

Kami menjajal fitur cruise control ini dipadukan dengan fitur lane following assist, yang dapat menjaga mobil agar tetap dalam satu lajur, hasilnya benar-benar menyenangkan sekali.

Hyundai Santa Fe 2021 seakan dapat melaju secara otomatis, bak fitur autonomous di mobil listrik canggih. Dengan adanya cruise control, mobil jadi tidak perlu di-gas, dan fitur lane following assist yang menjaga agar mobil tidak keluar lajur.

Namun, tentunya fitur ini tidak dapat dijadikan fitur yang membuat mobil mengemudi sendiri. Tentunya intervensi dan konsentrasi dari pengemudi tetap diwajibkan.

Menurut kami, bukan tidak mungkin dalam waktu dekat fitur autonomous dapat diterapakan di mobil-mobil SUV hyundai kelas premium. Namun, tentu infrastruktur Indonesia harus segera disesuaikan untuk fitur canggih ini.

Berikut daftar fitur Hyundai Smart Sense di Hyundai Santa Fe 2021 tipe Signature;

Forward Collision-Avoidance Assist (FCA)
Blind-spot Collision-Avoidance Assist (BCA)
Blind-spot view monitor (BVM)
Lane Following Assist (LFA)
Lane Keeping Assist (LKA)Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist (RCCA)
Driver Attention Warning (DAW)
Rear Occupant Alert (ROA) (with sensor)
Parking Distance Warning - Reverse and forward
Surround View Monitor (SVM)



Simak Video "Yuk! Cobain yang Baru dari Santa Fe"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/rgr)