Ototest

Sensasi Mengendarai Toyota Raize GR Sport: Mobil 1.000 cc yang Fun To Drive

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 05 Mei 2021 09:54 WIB
First drive Toyota Raize
Foto: Dok. TAM. First drive Toyota Raize.

Mesin dan Performa

Di atas kertas, Toyota Raize dibekali mesin 998 cc, 1KR-VET, 3 Cylinder Turbo, In-line, 12 Valve DOHC with VVT-i, dengan diameter x Langkah 71,0 mm x 83,9 mm.

Mesin tersebut bisa menghasilkan tenaga puncak 98 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 140 Nm pada 2.400 rpm - 4.000 rpm, yang diteruskan ke penggerak roda depan. Raize memiliki kapasitas tangki bensin mencapai 36 liter.

Toyota RaizeToyota Raize Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Lalu bagaimana dengan performa mesinnya? Pengalaman detikOto saat mencoba mobil ini tenaganya cukup responsif di putaran bawah. Meski mesinnya hanya 1.000 cc, teknologi turbo yang disematkan bisa mendongkrak performa secara maksimal. Saat mencoba menggeber mobil di atas kecepatan 100 km/jam, hanya dibutuhkan putaran mesin sekitar 2.500 rpm.

Performa oke Toyota Raize juga ditunjang dengan transmisi CVT yang mumpuni. Apalagi ada fitur paddle shift yang bisa menyimulasikan proses pindah gigi secara manual. Sehingga pengemudi bisa mendapatkan driving experience yang beragam. Berkat dimensinya yang kompak, mobil ini juga lincah digunakan menyusuri kemacetan di jalanan ibu kota, maupun ketika ingin menyalip kendaraan di tol.

Hal lain yang juga menarik adalah, mobil ini terasa cukup halus saat dikendarai, padahal mesinnya menggunakan konfigurasi 3 silinder. Umumnya mesin 3 silinder memiliki getaran cukup besar.

Selama berkendara dari Jakarta Selatan ke Jakarta Utara, hingga ke Tangerang, kami juga banyak dibantu oleh fitur Toyota Safety Sense (TSS), dua fitur yang cukup berguna adalah Blind Spot Monitor yang bisa memberi tahu jika ada objek di sekitar kendaraan kita, juga Lane Departure Alert yang bisa mengoreksi posisi setir ketika mobil berkendara di luar marka jalan yang ditentukan.

First drive Toyota RaizeFirst drive Toyota Raize Foto: Dok. TAM

Konsumsi Bahan Bakar Rata-rata

Total perjalanan yang kami tempuh mencapai 107,2 km, dengan konsumsi bahan bakar rata-rata sekitar 11,1 km/liter. Sebagai catatan, cara berkendara dilakukan tanpa metode eco mode, sehingga performa mesin benar-benar dieksploitasi secara maksimal. Rute yang digunakan pun bervariasi, melewati jalanan perkotaan, perkampungan, dengan kondisi lalu lintas yang relatif padat.

Kesimpulan

Toyota Raize bisa menjadi pilihan yang cocok bagi pengguna mobil baru maupun konsumen mobil yang ingin menambah koleksi kendaraan di garasinya. Jika Anda merasa cukup dengan kapasitas penumpang 5-seater, mobil ini juga layak menjadi pilihan.

Soal ruang penyimpanan tak perlu khawatir. Kompartemen bagasi mobil ini cukup luas, bisa menampung hingga volume 369 liter. Jika kurang, jok baris kedua yang memiliki konfigurasi 60:40 bisa dilipat rata lantai untuk memberi ekstra ruang penyimpanan.

First drive Toyota RaizeFirst drive Toyota Raize Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Berkat diskon PPnBM, harga Toyota Raize untuk saat ini juga jauh lebih murah dibanding harga normalnya. Sebagai gambaran, tanpa diskon PPnBM, harga Toyota Raize start dari Rp 236,8 juta. Tapi karena bulan April dan Mei masih menikmati diskon PPnBM 0 persen, harga starting Raize mulai Rp 219,9 juta.


(lua/din)