Ototest

Merasakan Sensasi Teknologi Semi Otonom di Wuling Almaz RS

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 21 Mar 2021 17:20 WIB
Test drive Wuling Almaz RS
Test drive Wuling Almaz RS. Foto: Luthfi Anshori
Jakarta -

Wuling Almaz RS diperkenalkan di Indonesia dengan tampilan yang lebih sporty serta membawa sejumlah fitur canggih. Mobil medium SUV ini memang belum diluncurkan resmi untuk umum, namun Wuling Motors memberikan kesempatan kepada media untuk mencoba secara langsung berbagai kecanggihan teknologi Wuling Almaz RS pada 17-18 Maret, di Ancol, Jakarta.

Lalu seperti apa sensasi mengendarai mobil merek China, yang sudah disematkan banyak fitur konektivitas dan teknologi semi otonom tersebut? Berikut ulasannya.

Wuling Almaz RSWuling Almaz RS Foto: Luthfi Anshori

Desain dan Dimensi

Secara umum, eksterior Wuling Almaz RS masih mempertahankan garis desain sebelumnya. Hanya saja, ada penambahan beberapa komponen aksesori yang menjadikannya kian sporty. Antara lain lips bumper depan yang dilengkapi garis merah doff, aksen karbon di bumper belakang, dan 4 exhaust pipe 'ala-ala' seperti mobil balap.

Mobil ini menggunakan warna dual tone dengan atap warna hitam, desain pelek baru, logo Wuling berwarna perak, dan tentunya emblem RS yang makin meningkatkan aroma sporty di mobil ini.

Secara dimensi, Wuling Almaz RS memiliki panjang 4.655mm, lebar 1.835mm, tinggi 1.760mm, dan jarak sumbu roda 2.750mm. Area kaki-kakinya pakai pelek dual tone 17 inci, yang dibalut profil ban 215/60.

Wuling Almaz RSWuling Almaz RS Foto: Luthfi Anshori

Interior dan Fitur-fitur Fungsional

Masuk ke dalam kabin Wuling Almaz RS, rasa mewahnya masih cukup terasa dan joknya tergolong empuk. Asyiknya, pengaturan jok pengemudi dilakukan secara elektrik melalui dua tombol yang ada di kanan bawah kursi. Setir mobil ini juga bisa diatur secara tilt (kemiringannya).

Lanjut ke area headunit, masih mempertahankan panel layar sentuh besar ukuran 10,4 inci, yang kini punya UI (User Interface) baru yang sangat mudah digunakan. Selain itu, sudah tersemat aplikasi musik bawaan, JOOX, yang bisa digunakan untuk mendengarkan musik secara live streaming.

Headunit ini bisa untuk mengoperasikan perintah suara berbahasa Indonesia, Wuling Indonesian Command (WIND), seperti membuka sunroof, membuka seluruh kaca, baik di bagian pengemudi maupun bagian penumpang, hingga membalas pesan di aplikasi whatsapp. Untuk bisa mengoperasikan itu, gawai pengendara harus dikoneksikan dulu melalui sambungan Bluetooth.

Detail fitur lain yang ada di kabin Wuling Almaz RS adalah fitur 360° Camera, yang bisa memberi visibilitas kepada pengemudi seluas 360° untuk melihat sekeliling mobil melalui headunit. Lalu ada Start-Stop Button, Drive Mode (Eco - Sport), 2nd Row USB Port, Audio Steering Switch, Front & Rear Parking sensor, ISOFIX, Tire Pressure Monitoring System, Sound System Infinity by Harman, Immobilizer, Anti-Theft Alarm, dan Seat Belt Reminder. Selain itu, mobil ini juga sudah memiliki kisi-kisi AC hingga baris ketiga, sehingga penumpang dalam kabin dipastikan nyaman sampai baris akhir.

Selanjutnya mencoba menghidupkan mesin Wuling Almaz RS dari handphone dan merasakan teknologi semi otonomnya...

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Wuling Hadirkan Almaz RS, SUV dengan Segudang Fitur Canggih"
[Gambas:Video 20detik]