Rabu, 26 Feb 2020 17:41 WIB

Merasakan Teknologi Ban 'Ninja' yang Baru Masuk Indonesia

M Luthfi Andika, M Luthfi Andika - detikOto
Uji Ban Dunlop SP Sport LM705 Dunlop SP Sport LM705 Foto: Mohammad Luthfi Andika
Jakarta -

Memilih ban terbaik untuk menemani berkendara wajib hukumnya. Karena ban merupakan salah satu peranti paling penting untuk bisa berkendara dengan aman dan nyaman. Jadi wajar jika setiap pabrikan ban berlomba-lomba untuk bisa menghadirkan ban terbaik mereka, agar bisa dipilih setiap pengendara.

Kali ini giliran Dunlop yang memperkenalkan model terbaru SP Sport LM705, yang akan menggantikan model sebelumnya SP Sport LM704. Dunlop pun mengklaim SP Sport LM705 memiliki teknologi yang lebih baik dengan teknologi terbaru yang mereka sebut Shinobi, atau ninja.

Dengan konsep ban yang dijamin memiliki performa berkendara yang lebih menyenangkan, bisa digunakan oleh semua kendaraan penumpang baik sedan, Multi Purpose Vehicle (MPV) dan Sport Utility Vehicle (SUV).

Ban Dunlop SP Sport LM705Ban Dunlop SP Sport LM705 Foto: Luthfi Andika/detikOto

Selain itu fitur terbaru yang mampu menyerap dari permukaan jalan karena mengadopsi profil dinding samping ban yang baru. Lebih efektif menyerap kejutan yang lebih merata untuk meredam getaran dari permukaan jalan dengan menggunakan jumlah blok telapak yang lebih banyak, menyerap kejutan dan meredam getaran dari permukaan jalan dengan profil telapak baru (jejak telapak baru). Ini yang membuat Dunlop yakin SP Sport LM705 bakal menjadi pilihan yang tepat untuk setiap pengendara.

"Teknologi Shinobi adalah Teknologi Baru Dunlop dalam hal desain ban (Profil + Pola Telapak), yang dapat mengefektifkan fungsi dinding samping dan telapak ban untuk meredam getaran ban di jalan bergelombang, sehingga meningkatkan Kenyamanan dan Kesenyapan," jelas GM Sales Plan & Admin PT Sumi Rubber Indonesia, di Cikarang Jawa Barat.

Tapi apa benar demikian? Coba membuktikan, detik.com akhirnya coba melakukan pengujian SP Sport LM705 bersama instruktur ban dari Dunlop dan menjadi penumpang di baris kedua. Dengan menggunakan 2 unit Toyota Camry, satu menggunakan SP Sport LM705 dan satu lagi menggunakan ban merek lain. Dengan ukuran yang sama 21/55 ring 17 dan tekanan angin mencapai 35 psi.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com