Rabu, 02 Okt 2019 13:35 WIB

Setangguh Apa Suzuki Jimny di Medan Offroad?

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Luthfi Anshori Foto: Luthfi Anshori
Tangerang - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengajak sejumlah media untuk merasakan sensasi berkendara Suzuki Jimny di medan offroad. Test drive tersebut dilaksanakan di Sirkuit Pagedangan, BSD, Tangerang, pada Senin (30/9/2019) lalu.

Dalam sesi Suzuki Jimny media test drive ini, pihak SIS menyediakan dua unit Jimny, baik yang transmisi manual maupun otomatis. Menariknya, kedua Jimny itu masih dalam kondisi standar pabrikan, termasuk rodanya.



detikcom sendiri mencoba unit Jimny yang bertransmisi otomatis, dengan warna ikonik 'hijau stabilo'. Lalu seperti apa impresi mengendarai mobil SUV berukuran kompak ini?

Setangguh Apa Suzuki Jimny di Medan Offroad?Foto: Luthfi Anshori


Pertama, saat detikcom masuk ke dalam kabin Jimny, kesan yang dihadirkan cukup mewah. Menilik bagian head unit, Suzuki Jimny sudah menggunakan head unit 6,8 inci, lengkap dengan fitur USB, Bluetooth, dan smartphone connection.

Selain itu, kendati mobil ini terlihat mungil dari luar, namun saat di berada di dalam kabinnya cukup luas. Tester detikcom dengan tinggi 165 cm bisa duduk leluasa, head room dan leg room pun tidak terlalu menyiksa.

Setangguh Apa Suzuki Jimny di Medan Offroad?Foto: Luthfi Anshori


Mobil ini juga sudah memiliki AC Auto Climate, yang bisa untuk mengatur temperatur secara otomatis untuk kenyamanan selama perjalanan. AC-nya cukup dingin, kendati saat itu matahari di luar sedang terik.



Suzuki Jimny dibekali mesin berkapasitas 1.462 cc, disalurkan ke transmisi otomatis 4 percepatan untuk yang versi matik. Mesin ini sanggup mengeluarkan power 102 Ps pada 6.000 rpm dan torsi 130 Nm pada 4.000 rpm.

Begitu posisi tuas digeser ke 'D', mobil langsung bergerak maju tanpa menginjak pedal gas. Begitu gas diinjak, tenaga instan langsung didapat, mobil berjalan mulus di medan tanah yang ekstrem.

Secara dimensi, Suzuki Jimny memiliki panjang 3.265 mm, lebar 1.645 mm, tinggi 1.720 mm, dengan ground clearance 210 mm. Mobil ini punya radius putar 4,9 mm, sehingga memudahkan untuk bermanuver atau saat harus berbelok patah.

Setangguh Apa Suzuki Jimny di Medan Offroad?Foto: Luthfi Anshori


Yang asyik lagi, bobot setir Suzuki Jimny sangat ringan. Setir juga dengan cepat kembali ke posisi asal, setelah diputar.

Soal suspensi, Suzuki Jimny dibekali coil spring dengan 3 Link Rigid Axle di depan dan belakang. Sokbreker ini cukup mumpuni kala Jimny harus melewati tanah berlumpur dan beberapa obstacle.



Selain obstacle, Jimny yang dicoba detikcom juga harus melewati rintangan tanjakan dengan kemiringan sekitar 35 derajat-45 derajat. Untuk tanjakan pertama, berhasil dilibas, cukup dengan posisi tuas di transmisi 'D'.

Tak hanya tanjakan, turunan pun turut dicoba untuk menjajal kemampuan fitur Hill Descent Control (HDC). Fitur HDC punya fungsi mengaktifkan rem secara otomatis.

Untuk cara kerjanya, HDC akan menjalankan fungsi rem otomatis dan menahan kecepatan pada 10 km/jam saat mode 4H atau 5 km/jam saat mode 4L.

Selain HDC, Suzuki Jimny juga sudah dilengkapi fitur kemanan lain seperti dual SRS airbags, Brake LSD Traction Control, Electronic Stability Program (ESP), sistem ABS, Brake Asisst (BA), Isofix, dan Hill Hold Control (HHC).

Setangguh Apa Suzuki Jimny di Medan Offroad?


Simak Video "Plus Minus Toyota Innova Venturer"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com