Sabtu, 17 Agu 2019 13:10 WIB

Sensasi Naik Pikap Triton Disopiri Pereli Dakar

Luthfi Anshori - detikOto
Mitsubishi Triton Foto: Mitsubishi Mitsubishi Triton Foto: Mitsubishi
Tangerang - Setelah meluncurkan secara resmi Mitsubishi New Triton di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Juli lalu, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menggelar sesi test drive bertajuk 'Engineered Beyond Tough Experience', yang diselenggarakan di Sirkuit Offroad Pagedangan, BSD, Tangerang, beberapa hari lalu.

Acara test drive yang disediakan untuk media dan konsumen ini makin menarik, karena menghadirkan tiga pebalap profesional, seperti Hiroshi Masuoka, pereli legendaris juara Paris Dakar, Kazuto Koide yang merupakan pereli profesional di dunia internasional, dan pereli nasional Rizal Sungkar.

Sensasi Naik Pikap Triton Disopiri Pereli Dakar Foto: Luthfi Anshori


Cukup beruntung, sebab detikcom dapat kesempatan melakukan sesi test ride dengan pembalap legendaris Hiroshi Masuoka di balik lingkar kemudi. Seperti apa impresinya?

Dari awal start dan keluar tikungan pertama, mobil langsung dipacu dalam kecepatan tinggi. Mesin diesel berkapasitas 2.442 cc, dengan daya 178 dk dan torsi 430 Nm ini mampu membuat New Triton berlari kencang di medan tanah, dengan panjang 1,4 km ini.

Menjajal New Triton Menjajal New Triton Foto: mitsubishi


Kekedapan kabinnya pun cukup baik. Suara putaran ban yang beradu dengan medan offroad tidak terlalu terdengar sampai ke dalam kabin.

Bagaimana dengan handlingnya? New Triton mengusung sasis jenis ladder frame, yang memisahkan antara sasis dan frame bodi. Saat dibuat menikung dengan kecepatan tinggi sambil melakukan drifting, sasis ini cukup baik meredam gejala body roll. detikcom yang berada di dalam kabin, sempat merasa bahwa mobil akan terbalik, tapi ternyata mobil masih bisa dikendalikan dengan baik.

Hiroshi Hiroshi Masuoka Foto: mitsubishi


"Dalam kecepatan apapun dan kondisi apapun mobil ini bisa dikontrol sesuai keinginan pengemudi. Dengan sistem 4 x 4, New Triton bisa memberikan traksi dan stabilitas yang optimal dengan kondisi jalan apapun," kata Hiroshi.

Perlu diketahui, New Triton punya dua fitur baru yang mendukung kemampuan offroad. Pertama offroad mode, yang akan memaksimalkan traksi dan parameter stabilitas control sesuai dengan kondisi medan dengan 'easy select switch' operation.

Kedua adalah Hill Decent Control (HDC), sistem ini akan mengontrol katup untuk menjaga kecepatan kendaraan dengan berbagai kondisi medan. Ketika menuruni bukit yang curam, yang memungkinkan pengemudi berkonsentrasi pada control setir.

"Kegiatan ini dimerupakan kelanjutan aktivitas perkenalan New Triton sebagai model terbaru dari pick-up double cabin Mitsubishi Motors kepada masyarakat yang lebih luas," kata President Director PT MMKSI, Naoya Nakamura.

Aktivitas 'Engineered Beyond Tough Experience' dilakukan dengan mengajak ratusan Mitsubishi Lovers dan konsumen potensial serta jurnalis dari berbagai media massa nasional.

Sensasi Naik Pikap Triton Disopiri Pereli Dakar Foto: mitsubishi


Ada tiga jenis lintasan yang disiapkan, pertama lintasan test ride dengan panjang 1,4 Km. Pada sesi dan lintasan ini peserta dapat merasakan akselerasi berkecepatan tinggi, drifting, melompat dan cornering dengan kendali pada kemudi New Triton oleh Hiroshi Masuoka, Kazuto Koide, dan Rizal Sungkar.

Kedua, Obstacle Course. Pada sesi dan lintasan sepanjang 0,4 Km ini peserta memiliki kesempatan untuk merasakan berbagai fitur keamanan dan performa dari New Triton berikut pengetahuan praktik dalam menghadapi berbagai macam rintangan dan hambatan.

Terakhir adalah, 4 x 4 Challenge, di mana ini menjadi salah satu atraksi utama sekaligus unjuk kekuatan dan ketangguhan performa New Triton. Konsumen diharapkan dapat melewati berbagai tantangan pada lintasan sepanjang 0,4 Km dengan didampingi oleh instruktur mengemudi.

Jabodetabek menjadi salah satu area diselenggarakannya kegiatan ini, dikarenakan pentingnya pasar pada wilayah tersebut untuk Triton. Pangsa pasar model Triton 4x4 di Area Jabodetabek adalah sebesar 44 persen.

Event 'Engineered Beyond Tough Experience' selanjutnya akan digelar di Balikpapan dan Pekanbaru.



Simak Video "Festival Avanza Bawa Kesenangan di Pekanbaru Walaupun Berkabut Asap"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com