Kamis, 21 Mar 2019 18:34 WIB

Adu Irit, Konsumsi BBM Honda Brio Bisa Tembus 30 Km/Liter

Ruly Kurniawan - detikOto
Uji irit Honda Brio Foto: PT Honda Prospect Motor Uji irit Honda Brio Foto: PT Honda Prospect Motor
Jakarta - PT Honda Prospect Motor (HPM) selalu menggaungkan bahwa mobil murahnya benar-benar ramah kantong. Mulai dari servis rutin hingga konsumsi bahan bakarnya. Sebab, Honda brio dirancang untuk para pemburu mobil pertama yang biasanya ialah pemuda atau keluarga kecil.

Masih terkait hal tersebut, pihak HPM mengundang beberapa media untuk langsung membuktikan seberapa hematnya konsumsi bahan bakar dari Honda Brio. detikcom juga berkesempatan untuk membejek mobil murah 5-penumpang tersebut dari kantor pusat HPM di Sunter, Jakarta Utara ke Sentul, Bogor, Jawa Barat.




Sekitar 20 mobil yang disediakan oleh pihak HPM dimana tiap unitnya diisi tiga orang. Layar Multi Information Display (MID) juga sudah direset hingga pada waktunya mobil berjalan untuk pengukuran konsumsi BBM.

Setelah menempuh perjalanan sekitar 70 kilometer-an (via tol keluar Bogor terlebih dahulu lalu masuk kembali dan keluar tol Sentul), Brio mencatat hasil konsumsi BBM terbaik adalah 30,1 km/liter. Angka itu diambil dari perekaman layar MID.

Hasil terbaik kedua tercatat konsumsi BBM-nya adalah 29,9 km/liter sedangkan 29,6 km/liter untuk peringkat ketiga. Disini bisa dipastikan bahwa mesin 1.2 L SOHC 4 Silinder Segaris i-VTEC + DBW pada Honda Brio sangat bekerja optimal dan membuktikan bahwa mobil ramah di kantong bukan isapan jari belaka.



Namun perolehan tersebut didapat karena pengendaranya tidak menyalakan AC-nya selama perjalanan. Kecepatannya pun cenderung lamban (sekitar 40 km/jam) sehingga kurang relevan untuk penggunaan sehari-hari.

Konsumsi BBM Honda Brio di MIDKonsumsi BBM Honda Brio di MID Foto: Istimewa


detikcom yang menjalankan mobil secara normal yakni menggunakan AC dan kecepatannya berada di angka sekitar 60 km/jam menorehkan hasil konsumsi BBM 23 km/liter. Namun meski kalah jauh dari 30 km per liter, tidak dipungkiri bahwa mobil berbanderol mulai dari Rp 140 jutaan ini benar-benar hemat bahan bakar.

Data konsumsi BBM Brio yang dikendarai detikcomSalah satu data konsumsi BBM Brio yang dikendarai peserta Foto: Ruly Kurniawan



Infografis Honda BrioInfografis Honda Brio Foto: Andhika Akbarayansyah


Video Honda Brio

[Gambas:Video 20detik]

(ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed