Jumat, 01 Mar 2019 19:54 WIB

Ototest

Pembuktian Avanza Baru, Cuma Ganti Kulit?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
1
Halaman 1 dari 6
Foto: Dok. Toyota-Astra Motor Foto: Dok. Toyota-Astra Motor
Jakarta - Toyota Avanza mengalami penyegaran. Tapi, penyegarannya bersifat minor yang berupa perubahan tampang depan, sedikit pembaruan di belakang, interior, sampai kaki-kaki.

Tapi, secara kasat memang perubahan Avanza 2019 ini tidak terlihat signifikan. PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengklaim Avanza tak cuma ganti muka. Di balik itu, Toyota menyempurnakan beberapa bagian Avanza.



Dealer Technical Support PT TAM, Didi Ahadi, menyebutkan Avanza terbaru ini berubah di bagian tampilan, fitur serta kenyamanannya. Tapi, itu kan cuma klaim. Apakah klaim itu sudah sesuai?

Untuk itu, kami mendapat kesempatan mencoba langsung New Avanza dan New Veloz model 2019. Pengujian kali ini dilakukan selama dua hari dari Yogyakarta, Magelang, Semarang, sampai Cirebon.



Rouli Sijabat, Public Relation Manager PT TAM mengatakan, pemilihan rute pengujian dari Yogyakarta, Jawa Tengah sampai Cirebon ini setidaknya mewakili karakter jalan di Indonesia. Karakter jalan yang beragam, ada jalanan kota, jalan provinsi, jalan berbukit naik-turun dan berliku-liku, sampai jalan tol Trans Jawa memang cocok untuk pengetesan mobil keluarga tersebut.

Hari pertama, kami menempuh perjalanan dari Yogyakarta ke Magelang sampai Semarang. Etape pertama itu lebih banyak karakter jalan perkotaan sampai jalan berbukit. Dan pada hari kedua kami ngegas langsung dari Semarang menuju Cirebon lewat tol Trans Jawa. Di tol tersebut menjadi kesempatan kami mencoba performa Avanza dan Veloz secara maksimal.



Mobil yang detikOto gunakan ada dua, yaitu Veloz 1.3 bertransmisi otomatis di hari pertama, dan Veloz 1.5 bertransmisi manual di hari kedua. Selain perbedaan mesin, keduanya memiliki kelengkapan fitur yang berbeda-beda.

Untuk lebih jelasnya, detikOto akan menjabarkan hasil ototest Veloz 2019 ini selama perjalanan Journalist Media Test Drive New Avanza dan New Veloz ini. Berikut ulasan mulai dari perubahan desain, fitur, sampai hasil pengujiannya. (rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed