Kamis, 28 Feb 2019 14:59 WIB

Lebih Banyak yang Cari Avanza Manual Daripada Matik

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Avanza Veloz Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Toyota Avanza terbaru yang diluncurkan bulan lalu disebut mendapat sambutan positif. Direktur Marketing Toyota Astra Motor Anton Jimmi menyebut, pihaknya sudah menerima hampir 15.000 unit pemesanan Avanza terbaru.

Dari 15.000 unit itu, Avanza tipe G 1.300 cc masih paling banyak diburu. Kata Anton, pemesanan Avanza tipe itu mencapai lebih dari 50 persen untuk transmisi manual maupun otomatis.



"Veloz mungkin itu sekitar 30-35 persen, sisanya tipe E," kata Anton dalam kesempatan journalist test drive New Avanza dan New Veloz.

"Jadi sebenarnya tidak terlalu jauh dari sebelumnya, hanya Veloznya dari 20 persen naik ke 30 persen. Tapi itu wajar, setiap kali kami meluncurkan Avanza major atau minor change selalu Veloz naik duluan. Jadi itu fenomena di awal peluncuran, jadi bukan sesuatu yang mengejutkan dari sisi komposisi," sambung Anton.

Menurut Anton, Avanza bertransmisi manual masih paling banyak diburu. Kira-kira 62 persen dari total pemesanan Avanza terbaru adalah tipe transmisi manual.



"Jadi range itu lebih kurang sama kecuali di wilayah tertentu di Jakarta, itu matiknya memang cukup tinggi, hampir 50 persen," sebut Anton.

"Terus terang masih manual yang mayoritas karena Avazna itu kan dipakainya sampai di pelosok itu ada. Kalau di kota kecil matik itu tidak terlalu dibutuhkan karena kemacetan, jaraknya lebih dekat. Kemudian, Avanza banyak digunakan untuk perusahaan, rental, mereka lebih memilih yang manual," katanya. (rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com