Kamis, 06 Des 2018 18:05 WIB

Ototest

Adu 4 SUV, Mana yang Paling Stabil Bawa Segelas Air di Kap Mesin?

Dina Rayanti - detikOto
Ototest 4 SUV bongsor. Foto: Rifikianto Nugroho Ototest 4 SUV bongsor. Foto: Rifikianto Nugroho
Jakarta - Punya mobil Sport Utility Vehicle (SUV) jangan cuma dipakai buat belanja ke mal atau pusat perbelanjaan. Sesekali cobalah di habitat aslinya, offroad.

Bermain offroad dengan mobil SUV besar mungkin sudah biasa dilakukan. Namun detikOto dan CNN Otomotif memiliki cara berbeda dalam menguji SUV bongsor yang dijual di Indonesia.

Ada empat SUV yang kali ini diuji yaitu Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner, Chevrolet Trailblazer, dan Isuzu mu-X. Pengujian yang dilakukan pun sederhana nih Otolovers hanya ingin mengetahui suspensi dan juga kestabilan dari mobil. Tantangan tersebut dinamakan save water. Pajero Sport dan Fortuner diuji oleh tim CNN Otomotif sedangkan Isuzu mu-X dan Trailblazer oleh tim detikOto.

Segelas air ditempel di bagian tengah kap mobil. Kemudian masing-masing SUV tersebut melintas di trek offroad Desa Pelangi Sentul. Kemudian mobil harus berkeliling di sekitar trek offroad.

Tantangan ini bisa dibilang gampang-gampang susah karena di samping harus memastikan volume air di dalam gelas tetap penuh, namun catatan waktu juga diperhatikan.

Laiknya trek offroad pada umumnya, jalanan bergelombang, berbatu, dan juga licin menjadi tantangan tersendiri bagi pengendara. Bahkan ada salah satu pengendara yang kesulitan saat menanjak di jalanan berpasir. Ban harus selip untuk beberapa saat.

Tak lupa skill dan kesabaran pengendara dibutuhkan dalam menyelesaikan tantangan save water kali ini. Lantas mana yang terbaik di antara keempat SUV tersebut? Artinya mobil tak mengalami banyak getaran dan lebih stabil sehingga air di dalam gelas bisa utuh.

Dari catatan detikOto, gelas air yang berada di atas kap Mitsubishi Pajero Sport adalah yang masih penuh. Tempat kedua diisi oleh Isuzu mu-X diikuti Chevrolet Trailblazer, dan terakhir Toyota Fortuner.

Namun soal catatan waktu, Chevrolet Trailblazer yang paling cepat dengan 5 menit 41 detik. Kemudian posisi kedua tercepat adalah Mitsubishi Pajero Sport selama 6 menit 37 detik. Catatan waktu terbaik ketiga ditempati Isuzu mu-X dengan 6 menit 49 detik. Posisi terakhir ditempati Toyota Fortuner selama 36 menit 40 detik.

Lamanya waktu Fortuner disebabkan karena ban mengalami selip sehingga harus didorong terlebih dahulu baru bisa melanjutkan perjalanan.

Nah dengan begitu tantangan save water kali ini dimenangi oleh Mitsubishi Pajero Sport. Dalam tantangan kali ini bisa dibilang Pajero Sport yang paling stabil. Namun perlu diingat juga ya skill pengendara berperan dalam tantangan ini.

Ini bukanlah satu-satunya pengujian yang dilakukan detikOto dan CNN Otomotif pada keempat SUV bongsor. Masih ada tantangan pengujian bahan bakar untuk membuktikan siapa SUV yang teririt. Siapa nanti yang menang?


Tonton juga ' Adu Suspensi 4 SUV Bongsor, Mana yang Terbaik? ':

[Gambas:Video 20detik]

Adu 4 SUV, Mana yang Paling Stabil Bawa Segelas Air di Kap Mesin?
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed