Jumat, 04 Mei 2018 16:52 WIB

Mengendarai Mobil Mungil Datsun Melintasi Bentang Alam Yogya

Ristu Hanafi - detikOto
Menjajal Datsun Cross di Yogyakarta (Foto: Ristu Hanafi) Menjajal Datsun Cross di Yogyakarta (Foto: Ristu Hanafi)
Yogyakarta -

[Gambas:Video 20detik]

PT Nissan Motor Indonesia mengajak 20 awak media nasional dan lokal menjajal mobil Datsun Cross menjelajahi bentang alam Yogyakarta. Dalam acara test drive media ini, peserta diajak menguji dan merasakan berkendara dengan mobil compact crossover tersebut.

Selama dua hari perjalanan test drive media, Rabu-Kamis (2-3/5/2018), perjalanan didesain agar peserta dapat merasakan Datsun Cross di berbagai situasi berkendara baik di dalam dan luar kota.

"Mengendarai Datsun Cross adalah cara terbaik untuk merasakan keunggulannya. Perjalanan yang singkat namun menarik adalah cara berbeda untuk mencoba beragam fitur dan teknologi Datsun Cross," kata Head of Datsun Indonesia, Masato Nakamura.

Head of Datsun Indonesia, Masato NakamuraHead of Datsun Indonesia, Masato Nakamura Foto: Ristu Hanafi


Di hari pertama, perjalanan diawali dari Kota Yogya menuju Pantai Ngandong, Kabupaten Gunungkidul dengan arak tempuh sekitar 70 km. Beragam situasi jalan menghadang karena melewati daerah Wonosari yang terdapat banyak tikungan dan kontur jalannya meliuk-liuk dan berangin.



Kemudian di hari kedua, peserta menelusuri jalanan di dalam kota Yogyakarta mengunjungi tempat-tempat seni dan budaya seperti Studio Sinten, Joglo Plawang, dan Omah Petroek. Selama perjalanan, peserta menjajal kemampuan Datsun Cross melewati jalanan yang padat dan sibuk dari pusat kota menuju lereng Gunung Merapi di Kabupaten Sleman.

"Kami ingin peserta merasakan keunggulan Datsun Cross di beragam situasi berkendara, baik di luar dan dalam kota. Peserta bisa membuktikan kelincahan Datsun Cross di dalam kota, sekaligus mencoba tantangan baru untuk menelusuri kembali keindahan budaya Yogyakarta," jelasnya.

R&D Manager Nissan Motor Indonesia, Anton Khristanto menambahkan, transmisi Datsun Cross memakai sistem XTRONIC CVT (Continuously Variable Transmission). Sistem suspensi di Datsun CROSS, peredam kejut dipasang di kedua sisi membantu pengemudi menjaga keseimbangan gerakan kendaraan. Ground clearance setinggi 200 mm dengan ban berukuran 15 inci.



"Body panel Datsun Cross terdapat insulasi yang dipasang untuk meredam kebisingan dari luar dan menciptakan suasana kabin yang senyap," ujarnya.

Selain itu, juga ada fitur head unit dengan layar sentuh audio berukuran 6,75 inci yang dapat terkoneksi Bluetooth, AUX, USB, serta Smartphone. Datsun CROSS juga menyediakan roof rail dengan kapasitas 30 kilogram untuk perjalanan jarak jauh.

PT Nissan Motor Indonesia mengajak 20 awak media nasional dan lokal menjajal mobil Datsun Cross menjelajahi bentang alam Yogyakarta.PT Nissan Motor Indonesia mengajak 20 awak media nasional dan lokal menjajal mobil Datsun Cross menjelajahi bentang alam Yogyakarta. Foto: Ristu Hanafi


Untuk penunjang keselamatan, Datsun Cross dilengkapi dengan Vehicle Dynamics Control (VDC) meliputi traction control system (TCS), anti-lock braking system (ABS) dengan electronic brake distribution (EBD), dan brake-limited slip differential (B-LSD). Selain itu, terdapat airbag ganda di depan, lampu depan otomatis, dan peringatan sabuk keselamatan.

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed