Ototest

Mengajak Calya Taklukkan Tanjakan dan Turunan Garut-Bandung

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 14 Sep 2016 17:22 WIB
Mengajak Calya Taklukkan Tanjakan dan Turunan Garut-Bandung
Foto: Rangga Rahardiansyah
Garut - Toyota kini memiliki jagoan baru di segmen LCGC 7 penumpang yakni Astra Toyota Calya. detikOto cukup penasaran dengan calon mobil sejuta umat yang dibanderol Rp 150 juta ke bawah ini.

Kali ini detikOto diajak oleh Toyota-Astra Motor (TAM) untuk menaklukkan jalur Garut-Bandung menggunakan Calya. Jalur yang dipilih cukup mewakili pengujian Calya.

Hari pertama detikOto menjadi penumpang di mobil Calya tipe G bertransmisi otomatis. Perjalanan hari pertama ditempuh dari Bandung hingga Garut.

Baru pada hari kedua, detikOto mendapat kesempatan untuk mencoba langsung impresi mengendarai Calya tipe G bertransmisi manual. detikOto menyetir Calya G M/T dari Garut Kota hingga Bandung dengan kondisi jalan yang menanjak, menurun, macet di tengah kota dan jalan lancar di Tol Padaleunyi.

Di Ototest sebelumnya, sebenarnya detikOto sudah mencoba Calya secara singkat di arena parkir salah satu gedung di Jakarta. Tapi, kali ini, detikOto bisa menguji Calya ini lebih dalam lagi dengan jalur yang mewakili penggunaan harian atau perjalanan ke luar kota.

Pada Ototest sebelumnya juga, detikOto sudah membahas soal eksterior dan interior Calya. Jadi, di Ototest kali ini, detikOto membahas soal rasa menjadi penumpang, mengendarai di jalanan menanjak dan menurun, menyetir di tengah kemacetan kota dan ngebut di jalan tol hingga hasil konsumsi bahan bakar.

Penasaran? Berikut ulasan test drive Calya.