Harga Helm Pebalap MotoGP, Ada yang Setara Mobil LCGC

ADVERTISEMENT

Harga Helm Pebalap MotoGP, Ada yang Setara Mobil LCGC

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 29 Sep 2022 06:15 WIB
Takaaki Nakagami
Berapa harga helm pebalap MotoGP (Foto: Twitter @takanakagami30)
Jakarta -

Punya peran sangat vital, helm MotoGP sudah berulang kali jadi penyelamat nyawa pebalap. Berapa sih harga helm MotoGP.

Pebalap MotoGP memiliki risiko tinggi terhadap keselamatannya. Untuk itu, perangkat perlindungan yang mumpuni sangat dibutuhkan para pebalap MotoGP. Salah satunya helm sebagai penunjang keselamatan.

Beberapa kali terjadi kecelakaan fatal di balapan MotoGP. Namun, kerap kali pebalapnya merasa aman dengan mengenakan helm yang mendukung.

Pada Grand Prix Catalunya 2022, misalnya, terjadi kecelakaan horor yang melibatkan beberapa pebalap. Helm pebalap Jepang Takaaki Nakagami menghantam ban belakang motor Pecco Bagnaia. Sampai-sampai visor helmnya copot.

"Pagi ini saya melihat helm saya. Ini benar-benar buruk. Saya sangat, sangat, beruntung masih hidup karena mereka [helm Arai] menyelamatkan hidup saya. Dan juga saya benar-benar ingat semuanya. Jadi ya, itu sangat buruk, tapi helm Arai sangat membantu," ujar Taka saat itu.

Helm memang memegang peran penting di balapan sebahaya MotoGP yang bisa memacu motornya sampai 350 km/jam lebih. Selain harus memberikan perlindungan maksimal, helm pebalap MotoGP juga perlu mendukung pebalapnya untuk jadi juara.

Helm dibuat untuk menahan benturan yang sangat kuat, melindungi pebalap jika terjadi hantaman keras. Inti polystyrene EPS, polystyrene sinter, dari helm memiliki fungsi bantalan, menjamin penyerapan energi benturan yang sempurna bagi pebalap.

Semua rider MotoGP menggunakan helm full-face yang terbuat dari serat karbon. Material tersebut dinilai memiliki kemampuan maksimal dalam hal perlindungan dan ringan. Semua pebalap memiliki helm yang disesuaikan dengan kebutuhan dan permintaan khusus, hanya untuk mendapatkan kenyamanan yang lebih baik.

Semua helm selalu dikirim ke laboratorium analisis untuk menjalani serangkaian uji keamanan. Dikutip Tuttomotoriweb, helm pebalap MotoGP dirancang untuk menghindari kabut pada visor serta memiliki ventilasi yang lebih besar untuk menghindari masalah jarak pandang. Helm modern MotoGP juga memiliki ABP (Advanced Ballistic Protection), perlindungan karbon ekstra.

Makanya, helm pebalap MotoGP tidak bisa dikatakan murah. Menurut Tuttomotoriweb harga helm untuk pebalap profesional termasuk MotoGP bervariasi antara 3.000 dan 12.000 euro. Itu setara dengan Rp Rp 43 juta sampai Rp 175 juta.

Dengan harga sampai Rp 175 jutaan, itu sudah bisa mendapatkan satu buah mobil LCGC. Saat ini rentang harga mobil LCGC berada di kisaran angka Rp 150-an juta sampai mendekati Rp 200 juta.



Simak Video "Bastianini Juara di GP Qatar, Ada Jasa Penting Orang Indonesia di Baliknya!"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT