Ngeri! Suzuki GSX-RR Takuya Tsuda Terbakar di MotoGP Jepang

ADVERTISEMENT

Ngeri! Suzuki GSX-RR Takuya Tsuda Terbakar di MotoGP Jepang

Dina Rayanti - detikOto
Minggu, 25 Sep 2022 16:30 WIB
Suzuki GSX-RR Takuya Tsuda terbakar di MotoGP Jepang
Suzuki GSX-RR terbakar. Foto: Twitter MotoGP
Jakarta -

Suzuki GSX-RR yang ditunggangi Takuya Tsuda di MotoGP Jepang terbakar saat balapan tersisa 13 lap. Dalam tayangan ulang yang dilihat detikcom, motor berkelir biru itu tiba-tiba terbakar hingga membuat Tsuda harus meminggirkan motor ke gravel.

Sebelum meminggirkan motor, terlihat karet pada ban mengelupas dan terlempar di lintasan. Sejauh ini belum ada penjelasan lebih lanjut dari Suzuki terkait terbakarnya GSX-RR tunggangan Tsuda dan tak lagi melanjutkan balapan. Tsuda jelas bukan anak kemarin sore di MotoGP.

Tsuda sendiri merupakan pebalap tes Suzuki berusia 39 tahun dan memiliki peran penting dalam pembangunan serta pengembangan motor seperti halnya Sylvain Guintoli.

Tsuda pertama kali melakoni debutnya pada MotoGP Spanyol tahun 2017 untuk menggantikan posisi Alex Rins. Di sisi lain, Tsuda juga kenyang akan pengalaman di Motegi. Ini lantaran ia sering mengikuti kompetisi balap tingkat domestik dengan menunggangi ST1000.

"Takuya Tsuda sudah terlibat dalam pengembangan Suzuki GSX-RR sebagai tes rider untuk waktu yang lama dan telah berkontribusi dalam pencapaian Suzuki di MotoGP termasuk gelar juara pada tahun 2020. Saya harap Tsuda bisa menikmati balapan di 'rumah' sendiri di Jepang. Ia bersama dengan timnya akan melengkapi pengembangan melalui wildcard dan kami akan menerapkan masukannya untuk penyematan teknologi di motor Suzuki di masa depan," kata Project Leader Suzuki Ecstar Shinichi Sharara dikutip Motorcycle.

Adapun dengan dengan terbakarnya motor Tsuda, maka sudah dua kali Suzuki GSX-RR terbakar. Sebelumnya pada Free Practice 4 MotoGP Mandalika, Suzuki GSX-RR Alex Rins juga sempat terbakar. Kala itu disebutkan ada masalah di bagian selang oli.

"Ada masalah kecil dengan selang oli. Kami kemudian memeriksanya dengan cermat dan sampai pada kesimpulan bahwa mesinnya tidak rusak. Tapi kita tidak tahu persis bagaimana dan mengapa itu terjadi. Yang paling penting adalah pengemudi tidak terluka," jelas bos tim Suzuki Livio Suppo Maret lalu.

Saat melihat ada api, Alex Rins langsung mencoba menetralkan gigi dan melompat dari motor. Beruntung, kondisinya baik-baik saja. Mesin pun tidak rusak.



Simak Video "Mercy Datangkan Dua Mobil Listrik Mewah ke RI"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/mhg)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT