ADVERTISEMENT

Pindah ke Aprilia, Raul Fernandez Bayar Denda Rp 1,5 Miliar ke KTM

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 14 Sep 2022 12:27 WIB
Pebalap Red Bull KTM Ajo, Raul Fernandez
Pebalap KTM Tech3 Raul Fernandez akan bergabung dengan tim satelit Aprilia musim depan. (Foto: Instagram @raulfernandez_25)
Jakarta -

Pebalap KTM Tech3, Raul Fernandez, dipastikan pindah ke tim satelit baru RNF Aprilia pada musim MotoGP 2023. Namun Fernandez harus membayar denda kepada kubu KTM yang besarnya mencapai Rp 1,5 miliar.

KTM bakal mengakhiri kerja sama dengan dua pebalap rookie Remy Gardner dan Raul Fernandez di akhir MotoGP 2022. KTM melalui tim pabrikan barunya, GasGas Factory Racing, bakal memilih pebalap berpengalaman untuk mengarungi musim 2023. Pol Espargaro menjadi nama pertama yang direkrut tim ini.

Sementara nasib Remy Gardner belum jelas, Raul Fernandez dipastikan bertahan di MotoGP. Dia bakal bergabung dengan tim balap besutan Razlan Razali, RNF Racing. Usut punya usut, Raul memang sudah diincar oleh tokoh balap Malaysia itu sejak sebelum musim 2022 bergulir.

Massimo Rivola, Razlan RazaliPemilik tim RNF Racing, Razlan Razali (tengah) Foto: Dok. MotoGP

Saat itu KTM mematok harga 500 ribu euro (Rp 7,5 miliar) kepada Razlan Razali jika ingin 'membajak' Raul Fernandez. Namun rencana itu gagal, lantaran sponsor utama, Petronas, cabut dari MotoGP. Di sisi lain, Yamaha tidak menghendaki negosiasi lebih lanjut dengan rider potensial asal Spanyol itu.

Jadilah Fernandez membalap bersama tim satelit KTM Tech3. Berstatus sebagai runner-up Moto2 2021, ekspektasi terhadap Fernandez begitu besar. Tapi sayangnya penampilan dia di musim ini tak begitu menjanjikan. Dia kini hanya ada di peringkat 24 klasemen sementara dengan 8 poin.

Merasa gagal di KTM, Fernandez pun memutuskan bergabung dengan tim RNF Racing pada musim 2023 nanti. Untuk diketahui, RNF Racing akan bekerja sama dengan Aprilia pada musim depan, dan mengakhiri kerja samanya dengan Yamaha.

KTM pun mengenakan denda kepada Raul Fernandez. Dikutip dari Speedweek, awalnya Anggota Dewan KTM, Hubert Trunkenpolz, menjatuhkan denda 900 ribu euro untuk Fernandez. Tapi akhirnya KTM merasa kasihan dengannya, sehingga mengurangi denda tersebut secara signifikan menjadi hanya 100 ribu euro (Rp 1,5 miliar).

Meski terlihat pengurangan yang signifikan, denda tersebut masih jauh lebih tinggi dari denda Jorge Martin yang pindah dari tim Red Bull KTM Ajo Moto2 untuk membalap di MotoGP bersama tim satelit Ducati Pramac Racing. Kala itu Martin hanya dikenakan denda 80 ribu euro (Rp 1,2 miliar).



Simak Video "Sama Kayak Qatar, MotoGP Mandalika 2023 Rencananya Digelar Akhir Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT