ADVERTISEMENT

Sirkuit Mandalika Memburu Homologasi Balap Mobil

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 07 Sep 2022 11:44 WIB
Sirkuit Mandalika digunakan untuk ajang track day (21-22/5/2022)
Sirkuit Mandalika Foto: Instagram @themandalikagp
Jakarta -

Pertamina Mandalika International Circuit sedang berburu homologasi dari Federasi Balap Mobil Internasional (FIA). Di sisi lain, Sirkuit Mandalika sedang menjalani perbaikan trek atau disebut "Track Improvement" untuk menyambut event balap internasional dalam waktu dekat.

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Priandhi Satria, mengatakan saat ini pihaknya terus berkomunikasi dengan FIA terkait homologasi Sirkuit Mandalika mendapatkan Grade 2 untuk kategori balap mobil. Jika terwujud, Sirkuit Mandalika bisa menggelar ajang balap mobil dengan kelas di bawah balapan F1.

"Homologasi tidak langsung dijawab, jadi kita mengirimkan dokumen-dokumen berisi gambar 2D, 3D, lebar detail diperiksa sama mereka. Kemudian mereka masukkan ke dalam sistem komputer akan melakukan simulasi, untuk grade ini kelebihan dan kekurangannya apa. Jadi sedang dijalankan oleh FIA, untuk nanti keluar, feedback-nya bolak-balik," ujar Andhi saat ditemui di Jakarta Pusat, Senin (7/9/2022).

Dia mengatakan, proses homologasi sirkuit beriringan dengan ketentuan sirkuit balap di bawah FIM sepeda motor dan mobil di tangan FIA.

"Tidak mudah juga karena gambar yang dari FIA ini disesuaikan supaya tetap dapat homologasi FIM grade A supaya MotoGP dan WSBK-nya jalan. Dua-duanya ini mesti kita atur supaya FIM A dapat, (FIA) grade 2 dapat. Masih bolak-balik antara konsultan dengan FIM dan FIA," ujar dia.

Sirkuit Mandalika sedang berburu homologasi dari FIA supaya bisa menggelar balap mobil dalam waktu dekat. Sebelumnya GT World Challenge Asia yang seharusnya dijadwalkan bulan Oktober di sirkuit Mandalika namun ditunda.

Saat ini Sirkuit Mandalika sedang ditutup untuk publik hingga 31 September 2022 karena sedang dalam track improvement. Perbaikan ini sesuai dengan saran FIM, FIA dan Dorna Sports.

"Yang improvement ini dalamnya ada tiga ya, ada sedikit pengaspalan, surfacing di beberapa titik, pelebaran tikungan, run off-nya kita lebarin, gravelnya kita rapihkan. Kemudian terakhirnya ada kosmetik ya, pengecatan tikungan, pengecatan curve," jelasnya

Setelah rampung, Sirkuit Mandalika akan digunakan gelaran Shell Eco-Marathon pada 11-15 Oktober 2022. Event selanjutnya, WorldSBK 2022 digelar pada 11-13 November nanti.



Simak Video "Siapin Tabungan! Ini Bocoran Jadwal MotoGP Mandalika 2023"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT