ADVERTISEMENT

MotoGP Inggris Cuma Ditonton 41 Ribu Orang, Kalah dari MotoGP Mandalika

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 10 Agu 2022 19:23 WIB
NORTHAMPTON, ENGLAND - AUGUST 07: Francesco Bagnaia of Italy and Ducati Lenovo Team leads the field during the MotoGP race during the MotoGP of Great Britain - Race at Silverstone Circuit on August 07, 2022 in Northampton, England. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
MotoGP Inggris 2022 cuma ditonton langsung 41 ribu orang. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

MotoGP Inggris yang diselenggarakan di Sirkuit Silverstone, Minggu (7/8/2022), mencatat penurunan jumlah penonton yang cukup signifikan. Bahkan jika dibandingkan dengan penonton MotoGP Mandalika, jumlah penonton MotoGP Inggris 2022 yang datang langsung ke sirkuit masih kalah jauh.

Dikutip dari laman Crash, penonton MotoGP Inggris pada hari Minggu hanya mencatatkan 41.002 orang. Angka itu turun dari penyelenggaraan musim lalu, di mana saat itu ada 67.000 pasang mata yang menonton langsung MotoGP di Sirkuit Silverstone.

Penonton MotoGP Inggris 2022 juga sangat jomplang jika dibandingkan dengan jumlah penonton F1 Silverstone. Pada balap Formula 1 Silverstone bulan Juli lalu, jumlah penonton di sirkuit mencapai 142.000 orang.

LOMBOK, INDONESIA - MARCH 20: Spectators are seen wearing raincoats during a downpour prior to the MotoGP Grand Prix of Indonesia at Mandalika International Street Circuit on March 20, 2022 in Lombok, Indonesia. The final race was postponed due to weather conditions. (Photo by Robertus Pudyanto/Getty Images)MotoGP Mandalika Foto: Getty Images/Robertus Pudyanto

Bagaimana jika dibandingkan dengan gelaran MotoGP Mandalika Maret lalu? Jumlahnya jauh lebih banyak. Pada hari Minggu, jumlah penonton yang datang langsung ke Sirkuit Mandalika mencapai angka 62.923 orang.

Tapi sebagai catatan, MotoGP Mandalika Maret lalu merupakan event pertama MotoGP yang digelar di Indonesia usai 25 tahun absen melaksanakan balap kelas premier tersebut. Jadi banyaknya jumlah penonton bisa jadi karena faktor euforia penyelenggaraan MotoGP perdana di Indonesia.

Kembali ke tanah Britania, kenapa MotoGP Inggris sepi peminat? Menurut mantan pebalap Grand Prix asal Inggris, Keith Huewen, salah satu faktor yang menyebabkan balapan sepi adalah karena mahalnya tiket dan biaya parkir kendaraan.

"Ada beberapa hal yang bisa Anda perdebatkan, £ 90,00 (Rp 1,6 juta) untuk tiket pada hari Minggu dan £ 30 (Rp 539 ribu) untuk parkir mobil. Itu mahal. Tapi ini adalah tentang melihat sesuatu terbaik dunia di Inggris untuk balap MotoGP," kata Huewen.

Di sisi lain, banyak stasiun televisi yang menayangkan MotoGP Inggris secara gratis. Itu juga yang diduga jadi penyebab rendahnya minat Inggris untuk datang langsung ke sirkuit.

"Acara itu gratis di televisi, pertama kali ITV menayangkannya secara gratis. Jelas, BT juga menayangkannya, jadi angka mereka akan turun. Mungkin angka penonton di pinggir sirkuit akan turun lagi karena ITV," jelas Huewen.

"Saya tidak bisa membayangkan mengapa orang tidak pergi (ke sirkuit), tapi saya punya beberapa ide agar bagaimana kita bisa membuatnya lebih baik," bilangnya.



Simak Video "Sama Kayak Qatar, MotoGP Mandalika 2023 Rencananya Digelar Akhir Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT